Wisata Keren

User Online : 2







Sponsor

26
Aug

Panduan mengurus sendiri Visa China

Tue 26 Aug 2014, 17:55pm

263

    Visa adalah izin yang diberikan sebelum bepergian untuk memasuki suatu negara dan kebanyakan berbayar. Visa China dibutuhkan ketika mau berlibur ke daratan china. Begitu pula ketika saya merencanakan untuk menjelajah negeri tirai bambu. Saya tergugah mengurus sendiri untuk sekaligus membuktikan bahwa mengurus visa china secara mandiri merupakan yang paling mudah dibandingkan dengan visa negara lain. So tidak ada salahnya untuk mencobanya, itung-itung bisa mengurangi anggaran pula dibanding harus menggunakan jasa biro perjalanan yang mengenakan biaya service, mengingat pengajuan lebih dari 1 orang , bisa dibayangin sendiri dech kalo diurusin biro perjalanan bisa terpaut 100 - 200Rb per passport

    Perlu diketahui untuk urusan aplikasi visa china biasa, saat ini tidak lagi secara langsung dikelola oleh Kedutaan Besar China atau Konsulat Jenderal, tetapi dikelola oleh sebuah agen khusus. Dengan alasan sebagaimana yang tertulis disitusnya, yang mengatakan bahwa telah terjadi peningkatan luar biasa dalam perpindahan orang dari  negara ke negara lain di tengah proses globalisasi ini - imbas tiket pesawat murah nich , sehingga menciptakan permintaan yang besar untuk Visa China, disisi lain staf dan ruang yang tersedia di Kedutaan Besar China atau Konsulat Jenderal terbatas, maka Kedutaan China dan Konsulat Jenderal memperkenalkan sistem Visa Application Service Centre, yang selanjutnya disebut "Visa Centre". Ini merupakan agen layanan komersial terdaftar sesuai hukum dan peraturan setempat dan diakui oleh oleh Kedutaan Besar China untuk menangani pekerjaan rutin sehari-hari berkenaan dengan aplikasi visa biasa

 

 Tampilan situs resmi Chinese Visa Centre

 

    Kebetulan sekali di kota Surabaya memang ada kantor agen Visa Centre ini, jadi tidak perlu sampai mengurus di Jakarta. Di Indonesia sendiri ada 3 kantor perwakilan Visa Centre ini, yaitu di Jakarta, Medan dan Surabaya. Perlu diperhatikan bahwa Visa Centre Surabaya hanya melayani provinsi Jawa Timur, Bali, NTB, NTT, Maluku, Maluku Utara, Jawa Tengah dan Yogyakarta.

 

Alamat Visa Centre di Surabaya :

Gedung SPAZIO-502, Kompleks Graha Festival Kav No.3,
Jalan Mayjend Yono Soewoyo, Graha Famili, Surabaya
Telp : 031-60039880, Fax: 031-60039881
Jam Kerja: Senin - Jumat
Pengajuan aplikasi: 9:00-15:00
Pembayaran dan Pengambilan Paspor: 9:00-16:00
Sabtu, Minggu dan hari libur Indonesia tutup.

 

    Sebagai referensi, buka situsnya Visa Centre ini di www.visaforchina.org. Di situ dijelaskan cukup lengkap, bagaimana cara mengajukan visa secara mandiri, mulai dari lokasi kantor penerima aplikasi, jam kerja, berkas-berkas yang diperlukan, beserta form aplikasinya yang bisa didownload dulu, bahkan kita bisa isi dulu form aplikasi secara online disitu, untuk kemudian setelah lengkap bisa didownload dan diprint dalam keadaan sudah terisi, benar-benar langkah awal yang memudahkan. Adapun harga untuk membuat visa ini bergantung keperluan (lihat tabel).

Kategori

Tarif untuk Warga Indonesia

(1)
Biaya Visa

Single Entry

Rp. 300.000,-

Double Entry

Rp. 450.000,-

Multiple Entry / 6 Bulan

Rp. 600.000,-

Multiple Entry / 1 Tahun

Rp. 900.000,-

Biaya extra 3 hari jadi

Rp. 200.000,-

Biaya extra 2 hari jadi

Rp. 300.000,-

(2)
Biaya Layanan Aplikasi

Regular Service (4 hari jadi)

Rp. 240.000, (sdh termasuk Tax)

Express Service (3 hari jadi)

Rp. 400.000,- (sdh termasuk Tax)

Urgent Service (2 hari jadi)

Rp. 500.000,-  (sdh termasuk Tax)

Tabel Biaya Pengajuan Visa

sumber : www.visaforchina.org

Catatan :

 (1) Biaya Visa dikenakan oleh Konsulat Jendral China.

 (2) Biaya Layanan Aplikasi dikenakan oleh Visa Center.

 (3) Total biaya yang harus dibayar dalam pengajuan = Biaya Visa + Biaya Layanan Aplikasi

    Berhubung kebutuhannya tidak buru-buru, jadi cukup pilih yang regular untuk 4 hari jadi, sehingga total biaya jika merunut tabel sebesar Rp. 540.000 terdiri dari Rp. 300.000 (Biaya Visa Single Entry) + Rp. 240.000 (Biaya Layanan Aplikasi Regular Service), semua biaya ini dibayar pada waktu pengambilan.

    Berikut panduan langkah-langkah untuk mengurusnya :

Langkah 1

    Men-download form aplikasi dan mengisinya secara manual atau mengisi form aplikasi secara online hingga selesai dan mendownloadnya. Setelah di download, form aplikasi dicetak di kertas A4 ya (penting). Awalnya saya mencetak di kertas folio mengingat tidak ada penjelasan di situsnya atau entah terlewatkan oleh saya, alhasil ketika berhadapan dengan petugas loketnya, disuruh memotong dulu kertasnya menjadi A4.

    Berikutnya mengumpulkan semua berkas pendamping yang diperlukan, terdiri dari

1. Foto diri terbaru ukuran 3.3 x 4.8 cm (ini perlu diperhatikan, kalo dimensi foto tidak sesuai kriteria, siap-siap aja disuruh memotong). Latar belakang foto adalah berwarna putih dan foto ditempel di kolom foto formulir.

2. Paspor asli (sampul plastiknya dilepas ya). Masa berlaku paspor tidak boleh dalam keadaan kadaluarsa untuk kurun waktu 6 bulan kedepan.

3. Fotocopy halaman paspor yang berisi jati diri dan alamat.

5. Bukti print out pemesanan tiket pesawat. Enaknya nich kalo pesan tiket pesawat low cost carrier secara online, ya tinggal cetak aja file konfirmasi pemesanan (biasa berbentuk file PDF) yang ada kode bookingnya.

6. Bukti print out pemesanan atau booking hotel. Jika belum booking hotel, bisa booking dulu via AGODA.

7. Jadwal perjalanan selama berkunjung di China.

 

Contoh Lampiran Jadwal Perjalanan

 

* Khusus berkas anak-anak, melampirkan tambahan fotocopy KK (Kartu Keluarga) untuk menunjukkan hubungan anak dan orangtua.

 

Langkah 2

    Berkas yang sudah lengkap beserta formnya dibawa ke kantor agen Visa Centre. Setiba di kantornya, ambil nomor antrian dan tunggu beberapa saat untuk dipanggil maju menuju loket petugas penerima aplikasi. Semua berkas dan formulir diserahkan dan akan diperiksa oleh petugas loket tersebut saat itu juga. Jika memenuhi syarat kelengkapan dan prosedur, akan diterima lalu kita akan mendapat selembar tanda terima tercetak (pickup form), sebaliknya jika tidak memenuhi syarat, semua berkas akan dikembalikan dan disuruh membenahi kekurangannya.

 

Ruang Tunggu Visa Centre

 

    Perlu diperhatikan juga agar tidak menghilangkan Pick up form yang telah diterima, karena Pickup Form ini berguna untuk dibawa ketika melakukan pengambilan. Waktu pengambilan tercetak di pickup form ini, biasanya 4 hari untuk regular service (lihat tabel). Sampai disini jangan merasa pasti lolos, silahkan berdoa saja selama proses tenggat he...he...he

 

Pickup Form

 

    Menunggu dalam ketidakpastian, bisa jadi merupakan kondisi yang tidak disukai. Untuk mengusir rasa galau, pihak visa center melalui situsnya ternyata menyediakan halaman untuk melakukan pengecekan proses visa kita, sehingga pengaju aplikasi bisa tahu sudah sampai mana pemrosesan visanya . Dengan memasukkan nomor pickup form dan no HP, akan keluar timeline status pengajuan visa tersebut.

 

Status Hari Kedua

 

Langkah 3

    Dihari keempat, sekali lagi saya melakukan pengecekan di situs Visa Centre ini untuk memastikan apakah proses pengurusan sudah selesai. Alhasil ternyata sudah selesai dan posisinya sudah bisa diambil.

 

Status Visa Selesai Diproses

 

    Tenggat waktu tunggu usai sudah, saatnya datang kembali ke kantor agen Visa Centre, caranya masih sama, ambil no antrian dan tunggu dipanggil beberapa saat untuk maju ke loket pengambilan. Serahkan pickup formnya dan voilaa, visa pun sudah menempel dengan cantiknya di pasporku. Petugas akan meminta pelunasan pembayaran sebelum paspor berpindah tangan. Sebagai gantinya kita akan menerima tanda terima pembayaran dan paspor yang sudah tertempel Visa. Sebelum meninggalkan lokasi, cek dulu visanya.

 

Penampakan Visa China

 

    Beres sudah, huan ying dao zhong guo (yang artinya selamat datang di China)



263 Jejak Komen
  • Neni

    Mon 11 Mar 2019, 4:17am
    Mas, tolong infonya dong kalau diurusin buat visa ke china bisa gk.. ?

    Merespon

    • yvzur

      Wed 13 Mar 2019, 1:20am
      Bisa, info lebih lanjut silahkan cek emailnya Sis.

      Merespon

  • fike

    Thu 3 May 2018, 2:55am
    Untuk pengurusan kelengkapan dokumen dan berkas bisakah lewat online sekarang atau kurir? terimakasih

    Merespon

    • Yvzur

      Thu 3 May 2018, 3:50am
      Belum bisa sis, harus datang sendiri ke Visa Center.
      jika kesulitan untuk penyerahan dokumen bisa saya bantu seperti rekan2 lain (untuk wilayah Indonesia Timur), silahkan reply email saya

      Merespon

  • Evi

    Wed 16 Mar 2016, 7:50am
    Mas,mau nanya saya rencana ke china.tiket pp dr KL-HKG-KL..saya rencana hkg ke china guangzhou.gimana dengn pengurusn visa dan reservasi hotelnya.thanks

    Merespon

    • Yvzur

      Tue 22 Mar 2016, 9:27am
      Kalo ke guangzhou wajib bikin visa dulu di Indo, meskipun masuknya lewat HK, untuk hotel bisa reservasi via online di Agoda dan semacamnya

      Merespon

  • Devi Paramita

    Mon 14 Mar 2016, 22:49pm
    Mau tnya mz, klo double entry brp lama brlakunya dr msuk kluar trs msuk china lg?
    Trs yg membuat galo tkut visa dtolak mksudnya gmn?
    Klo mo ke china dbulan juni baiknya brp hri sblomnya urus visa?
    Terimakasih

    Merespon

    • Yvzur

      Tue 15 Mar 2016, 11:14am
      Double entry berlaku dlm kurun 3 bulan sejak Visa terbit. Galo krn harus nunggu 4 hari (kl yg regular), ya spt kalo janjian ama pacar, nunggu belum datang2 kan galo sis :D

      Untuk pembuatan sebaiknya 3-4 Minggu sebelum tgl keberangkatan pesawatnya.

      Merespon

  • angga

    Tue 8 Mar 2016, 17:59pm
    Halo mau nanya untuk invitation letter nya ditujukan ke visa aplication centre nya atao ke kedubes china..via email boleh ya..

    Merespon

    • Yvzur

      Sat 12 Mar 2016, 11:38am
      Ditujukan ke kedubes china, dilampirkan dengan berkas yg diajukan bukan via email

      Merespon

  • Santo

    Tue 8 Mar 2016, 8:26am
    Kalo berkunjung ke tempat saudara apakah harus ada bukti pemesanan hotel??? Mengingat kami tinggal di rumah saudara bukan di hotel

    Merespon

    • Yvzur

      Tue 8 Mar 2016, 10:42am
      Maaf sdh pernah diulas, silahkan baca bbrp komen sebelumnya

      Merespon

  • Siska

    Sat 5 Mar 2016, 11:02am
    Mas mau tanya kalau saya dari GuangZhou ada bussiness trip mau ke Macau wisata lalu kembali ke Guangzhou apakah perlu visa saat kembali ke Guangzhou (dr Macau) ? Thanks'

    Merespon

    • Yvzur

      Sun 6 Mar 2016, 23:43pm
      prinsipnya sich setiap kali masuk China pasti perlu Visa
      meski hanya keluar sejengkal dari imigrasi china trus mau masuk lagi :D hehehe.

      Merespon

  • doni irawan

    Fri 4 Mar 2016, 11:46am
    mas ak mau urus visa ke china, mau ak pakai tgl 18 urgent. bisa bantu.
    ak berdomisili di bali

    Merespon

    • Yvzur

      Sun 6 Mar 2016, 23:39pm
      email sent mas, silahkan di cek

      Merespon

  • Gede Beny

    Thu 3 Mar 2016, 9:43am
    Mas saya di bali , bisa tolonh urusin visa tourist k shanghai china ? Rencana liburan 4hari . Thanks , tolong infonya

    Merespon

    • Yvzur

      Thu 3 Mar 2016, 18:43pm
      Bisa gan, cek email ya.

      Merespon

  • aldi cahyo

    Thu 25 Feb 2016, 1:16am
    Terima kasih banyak panduannya mas, sangat membantu. Saya mau Tanya mas, apakah pengajuan visa ke China wajib menggunakan KTP Dan kk untuk saya? Soalnya ada perbedaan nama saya di KTP dgn paspor. Trm ksh bantuannya

    Merespon

    • Yvzur

      Thu 3 Mar 2016, 18:36pm
      KTP dan KK gak wajib tapi opsional aja, kalo diminta.
      La.. nama nya kok bisa beda2.

      Merespon

      • arifin

        Mon 11 Mar 2019, 12:39pm
        saya mau tanya sekarang saya di china visa saya sdh mati 9 bln saya mau bikin lgi bisa bantu gk

        Merespon

        • Yvzur

          Wed 13 Mar 2019, 1:23am
          Maaf Bro, kalo posisi anda di China gak bisa bisa bantu

          Merespon


Ninggalin Jejak





 (opsi : Isikan link web-mu jika ada)



     Ikuti jejak komentar via email (Subscribe)

Kode Sekuriti