Wisata Keren

User Online : 3







Sponsor

15
Apr

Melintas Perbatasan Singapore Johor Bahru #Day 1

Mon 15 Apr 2013, 18:32pm

339
pesan hotel murah

   Pagi itu di Bandara Juanda, tepatnya di konter check-in bagasi Tiger Airways no 24 sudah terlihat "tanda-tanda kehidupan" antrian para penumpang. Begitu urusan bagasi selesai, seperti biasa naik eskalator ke lantai 2 untuk cap passport dibagian imigrasi, lalu menuju ruang tunggu di GATE 9, sambil nunggu panggilan boarding kebetulan ketemu dan berbincang dengan kawan lama, eh..lha kok pesawatnya datang tapi merapat ke anjungan GATE 11.

 

Counter Check-In Tiger Paling Pojok

 

   Setelah diberitahu petugas untuk pindah ke GATE 11, ya akhirnya si Macan pun terbang juga pada waktunya, suasana kabin memang bersih dan kelihatan baru, lepas landas juga sempurna, apalagi ketika mendarat di Bandara Internasional Changi - Singapore, hampir tidak merasakan sentuhan roda pesawat dengan landasan pesawat, bener-bener mulus, overall dapat jempol dech, pertahankan ya "Tiger Airways", dan semoga bukan yang pertama dan terakhir naik si Macan, asal sering-sering aja beri promo murah .

 

Kabin Bersih dan Nyaman

 

Toilet Juga Bersih

 

   Kejutan berikutnya pun muncul, ketika sedang enak-enak akan melanjutkan tidur malam yang dirasa masih kurang, eh..tiba-tiba terlihat si pramugari menghampiri setiap penumpang dan memberikan masing-masing sebungkus kacang gratis, ya lumayan meski "Low Cost Carrier" masih sempat jua memberi camilan buat penumpangnya tapi minumnya beli sendiri hehehe...

 

Camilan Gratis

 

Bandara Internasional Changi

   Tepat Pk 11.30 Pagi waktu Singapore, kaki sudah menjejak di Terminal 2 Level 2 (Lantai 2), Bandara Internasional Changi, kirain terminalnya Low Cost mirip dengan yang di LCCT Kuala Lumpur, oh..yes ternyata...beda banget, kita tidak perlu jauh berjalan kaki dan suasana lebih mirip dengan Terminal 1-nya Bandara Changi yang juga wow...Mau pake WIFI juga lancar dan cepat, gratis lagi bisa update status BB tuh.

   Suatu hal yang menjadi kebiasaan kalo sudah tiba di suatu bandara yang baru pertama kali dikunjungi, kebanyakan orang selalu kebingungan untuk menemukan akses ke moda transportasi menuju kota, jadi dalam hati selalu timbul pertanyaan kalo mau naik bus arahnya kemana, ya? kalo naik MRT harus kemana? kalo mau naik taksi mesti keluar pintu mana? Bagi mereka yang suka bingung jangan sungkan untuk mengakses seluk beluk Bandara Changi di  changiairport.com.

 

Keindahan Bandara Internasional Changi

 

   Sebenarnya bandara-bandara megah macam gini nich juga merupakan tempat wisata lho, karena tiap negara pasti punya keunikan sendiri dengan bandaranya. Jadi jangan buru-buru untuk keluar dan melanjutkan perjalanan. Puaskan jeprat-jepret sambil menikmati kenyamanan "Wisata Bandara". Setelah itu jalan kaki turun eskalator ke Level 1 dan mengisi form embarkasi sebelum maju ke meja petugas imigrasi (sekalian ambil form embarkasi berlebih, buat diisi ketika balik dari Johor) , setelah "lulus sensor" baru mengambil koper di konveyor bagasi, masih di lantai sama (Arrival Hall), keluar dari sini ada 2 arah yang bisa dituju, ke kanan atau ke kiri, kalo mau naik MRT bisa ambil ke kanan untuk turun ke basement lewat eskalator di pojok.

 

A. Naik Bis Shuttle Transtar Menuju Perbatasan Singapore - Johor Bahru

   Di Singapore, saya naik bus dari Singapore ke Johor Bahru karena sudah memegang print out  "Free Coupon" dari Tiger Airways, busnya GRATIS. Jadi saya mengambil arah ke kiri dan jalan terus lurus hingga keluar hall, mengikuti papan petunjuk bergambar bis dan tulisan "COACH". Jika tidak memiliki kupon ini, boleh naik bis juga lho tapi harus bayar senilai SGD$ 7/orang.

 

Papan Petunjuk Menuju Halte Bis

 

   Diluar hall, jalan kaki ke kanan dan menemukan deretan pilar dengan nomor "bay", cari no 9 ketemu bisnya tapi agak bingung sedikit kok bisnya gak ada tanda "transtar" nya dan penampakan bisnya beda. Setelah nanya ke supirnya ternyata sudah betul. Saya serahkan kupon ke supirnya yang sudah siap-siap mau berangkat, hurraaaaay - sopirnya menerima kupon dan menyuruh masuk tanpa dipungut bayar apa-apa lagi alias Gratis...tis...tis....hehehe. Sudah gitu penumpangnya cuman saya sekeluarga aja dan 1 keluarga lagi dari Malaysia. Naik bis publik yang serasa bis private, ya seperti ini, mau duduk pindah kesana kemari bisa leluasa sesuka hati. Benar-benar nyaman.

 

 

Bis Shuttle Yang Mengantar ke Johor Bahru

 

   Rute bis akan mampir di Terminal 3 - Changi, berhenti untuk mengambil penumpang, berhubung gak ada penumpang, langsung ama supirnya dilanjut menuju Terminal 1 - Changi, lagi-lagi tidak ada penumpang, tanpa pikir lama sopirya langsung melanjutkan berangkat menuju Woodland Checkpoint yang merupakan pos perbatasan dari Singapore menyeberang ke Johor Bahru.

 

Tabel Rute Bis Transtar

 

B. Naik MRT Menuju Perbatasan Singapore - Johor Bahru

   Sebagai alternatif, jika ingin menjajal moda transportasi MRT menuju Johor Bahru via Woodland Checkpoint, bisa naik MRT dari Bandara Changi dan turun di Stasiun Kranji dengan biaya SGD $1.96 (menggunakan kartu EZ-LINK), rutenya : Stasiun Changi(CG2) >> Tanah Merah(EW4) >> Paya Lebar (EW8/CC9) >> Bishan (CC15/NS17) >> Kranji (NS7). Suatu hal yang perlu diperhatikan ketika sampai di Tanah Merah (EW4) jangan lupa untuk turun dan ganti MRT, karena saya melihat masih ada aja orang indo yg entah lupa atau tidak tahu, ketika sampai di Tanah Merah, tidak turun untuk ganti MRT, jadinya bablas ke Pasir Ris (EW1) alias kesasar.

 

Rute MRT dari Changi (CG2) ke Kranji (NS7)

 

   Setibanya di Stasiun Kranji, turun ke lantai Ground, tap kartu EZLINK dan belok kanan untuk keluar (exit C). Perlu diperhatikan juga ketika naik MRT menuju Kranji diakhir pekan, biasanya akan menjumpai antrian yang mengular menunggu bis di depan Exit C ini, bisa jadi penumpang berjubelan didalam bisnya karena memang banyak warga Singapore yang memanfaatkan libur akhir pekan ke Johor Bahru, selain makanannya, barang-barangnya juga murah menurut ukuran mereka karena kurs terpaut setengahnya.

   Diluar koridor exit C, ambil jalan ke kiri untuk naik jembatan penyeberangan, turun di seberang jalan raya "Woodland Rd" ini, langsung aja menuju halte bisnya dan tunggu bus CW1 yang dioperasikan oleh Causeway Link (bayar cash SGD$ 1.30) atau operator lain, yaitu SBS Transit No.170 atau 160 (bisa cash atau  pake kartu EZLINK sekitar SGD$ 1) untuk mencapai Woodland Checkpoint.

 

Papan Petunjuk Exit C dari Stasiun Kranji Untuk Naik Bis

 

Woodland Checkpoint

   Setelah sampai di Woodland Checkpoint, yang merupakan gedung imigrasi Singapore ini, bis pun berhenti, semua penumpang diwajibkan turun dari bis termasuk semua barang bawaan, jangan sampai "konyol" meninggalkan koper di bis ya, karena bis yang mengangkut kita selepas keluar dari gedung ini bisa berbeda lho.

 

Bis Berhenti di Depan Gedung Woodland Checkpoint

 

Lewat Sini Menuju Lantai 2

 

   Turun dari bis, langsung bergegas naik ke lantai 2, kalau bawa koper bisa jalan terus ke samping kiri eskalator untuk naik lift, tiba di lantai 2, ikuti orang-orang yang jalan menuju antrian di deretan meja petugas imigrasi, agar paspor dicap tanda keluar dari Negara Singapore. Setelah "lolos sensor" lagi dari imigrasi, saya harus turun ke lantai 1 kembali. Antri lagi menunggu bis, dengan memilih di antrian operator bis yang sama dengan yang ditumpangi tadi, jadi kalau sebelumnya naik bis yang dioperasikan oleh "Causeway Link" antrilah di barisan halte bis tersebut, jangan antri di barisan "rumput tetangga" (dalam hal ini bis milik operator "SBS Transit" atau "Transtar" atau lainnya), karena akan dikenakan biaya lagi.

 

Antri Bis Lagi Untuk Melintas Jalan Penghubung Singapore dan Johor Bahru

 

   Saya sendiri, begitu turun di lantai 1, celingak celinguk dulu, a ha... Bis Transtar yang saya tumpangi tadi masih setia menunggui di "bay" samping kiri pintu keluar dan begitu naik ke bis, langsung berangkat....ya sopirnya sudah hafal, memang bener-bener serasa bis spesial (tapi gak pake "telor") karena penumpangnya masih cuman saya sekeluarga saja, wk wk wk wk.....Bis meluncur dengan santai melalu jalurnya sendiri di jalan tol yang melintas di atas selat kecil antara Singapore dan Johor Bahru, tampak mobil-mobil dari Singapore di jalur terpisah di sebelah kiri berjalan merambat karena padat. Memang pemandangan yang biasa kalo akhir pekan banyak warga Singapore yang berduyun-duyun naik mobil juga untuk menghabiskan libur akhir pekan mereka menuju Johor Bahru.

 

 

Jalan Penghubung Singapore - Johor

 

Sultan Iskandar Checkpoint

   Kalau di Singapore ada Woodland Checkpoint, nah di sisi Johor Bahru ada Sultan Iskandar Checkpoint. Ketika bis sudah tiba di Johor Bahru, akan berhenti di Bangunan Sultan Iskandar "Kastam, Imigresen & Kuarantin".

 

 Pemandangan depan Sultan Iskandar Checkpoint

 

   Sebenarnya ada 3 blok bangunan penting disini, yang merupakan kawasan modern, bersih dan terpadu, dengan desain arsitek penuh lengkung-lengkung besi dan berdinding kaca berwarna hijau, benar-benar superblok, karena semuanya tumpek blek disini, yaitu :

1. Blok Bangunan Sultan Iskandar Customs, Immigration and Quarantine (Blok A).

2. Blok JB Sentral (Blok B), terkoneksi dengan Blok A via Jembatan Pedestrian (T1).

3. Blok Mall JB City Square (Blok C), terkoneksi dengan Blok B via Jembatan Pedestrian (T2)

   Bangunan "Sultan Iskandar Customs, Immigration and Quarantine", biasa disingkat dengan sebutan JBCIQ, merupakan bangunan yang lebih dulu berdiri dan dibuka untuk publik dibulan Desember 2008, digunakan untuk melayani proses imigrasi dari Singapore ke Johor Bahru dan sebaliknya. Semua angkutan darat dari Woodland Checkpoint akan berhenti disini untuk proses imigrasi, begitu juga dengan bis yang saya tumpangi.

 

Komplek JB Sentral

 

   Semua penumpang bis turun disini dengan membawa lengkap semua barang bawaan, lalu berjalan naik eskalator ke lantai 5, ramai sekali orang-orang berduyun-duyun, ikuti aja arus orang-orang dan ikut antrian di depan meja petugas imigrasi Malaysia (Note: Tidak perlu lagi mengisi kartu embarkasi). Jumlah petugas yang men-cap paspor kedatangan cukup sepadan, sehingga antrinya tidak terlalu lama. Inilah kunjungan 2 negara yang tercepat hehehe, hanya dalam rentang sekitar 100 menit, sudah keluar masuk 2 negara.

 


Di dalam Atrium JBCIQ merupakan koridor menuju JB Sentral

 

Menuju Hotel

   Jadi rute jalan kaki saya :

- Selepas dari imigrasi tadi berjalan lurus hingga menemukan kios "Tourist Information Centre" lalu belok kiri (putar balik) masih ikuti arus orang-orang hingga sampai di Atrium JBCIQ ini.

- Masuk ke koridor yang bertuliskan "Selamat Datang ke JB Sentral" (T1), jalan lurus hingga akhir koridor ini (jika terasa lelah berjalan bisa memanfaatkan fasilitas travelator seperti tampak di foto).

- Di akhir dari koridor, saya menggunakan lift yang terletak di sebelah kanan untuk turun ke lantai bawah karena menggeret koper, tapi bisa juga turun menggunakan eskalator.

- Lalu menyeberang jalan untuk masuk komplek JB Sentral, begitu masuk langsung terlihat Stan Starbuck

 

Koridor Menuju JB Sentral (T1) - Ada Travelatornya

 

   JB Sentral merupakan blok bangunan baru kedua yang dibuka untuk publik (Oktober 2010), merupakan stasiun kereta api antar kota di Malaysia menggantikan stasiun lama yang terletak 200 meter di Selatannya. Ada 7 kereta api yang melewati stasiun ini setiap harinya, termasuk jika ingin menuju Kuala Lumpur bisa beli tiket di dalam gedung ini, untuk harga tiketnya bisa cek disini. Kelak, JB Sentral direncanakan sebagai penghubung utama untuk transportasi Malaysia selain KL Sentral di Kuala Lumpur, dimana digunakan sebagai stasiun utama dari JB Monorail, Komuter Selatan, LRT (Light Rail Transit) dan MRT dari Singapore akan tersambung ke stasiun ini.

   Didalamnya juga banyak stan toko-toko seperti money changer, KFC, Starbuck, Donat J. Co, 7 Eleven, Adidas dan masih banyak lagi. Sedang di lantai bawah bangunan ini juga menjadi terminal dari bis-bis ke segala arah kota Johor Bahru termasuk bis ke Legoland yang nantinya saya naiki. 

 

Stan Starbuck dekat koridor masuk dari T1

 

   Untuk mencapai hotel yang sudah dipesan, saya harus keluar dari komplek JB Sentral ini.

Rute jalan kaki berikutnya :

- Jalan lurus membelakangi Stan Star Buck ini dan belok kanan dilanjut turun menggunakan eskalator.

- Untuk keluar menuju jalan Tun Abdul Razak tinggal turun lagi di eskalator sebelah kiri, atau jika ingin ke Mall JB City Square tinggal lurus aja melalui koridor penyebarangan (T2).

- Tiba di jalan Tun Abdul Razak, ambil jalan arah kiri hingga ketemu pertigaan, menyeberang jalan. dan hotelnya terletak persis di sebelah selatan JB City Square.

 

Penampakan Jalan Tun Abdul Razak

 

Rute Menuju Hotel

 

   Sebenarnya lewat Mall JB City Square juga bisa, tapi karena baru pertama kali datang sehingga masih belum menguasai "medan pertempuran", jadinya pilih lewat luar dulu supaya tidak kesasar. Hotelnya terletak persis di samping Mall City Square, check in di meja resepsionis berlangsung mulus dan tidak lama, keycard kamar sudah di tangan. Masuk kamar untuk rehat bentar. Sekitar pukul 18.00 waktu setempat, kita ada rencana ingin ke pantai "Danga Bay" tapi terpaksa dibatalin berhubung ada janji ketemuan ama teman untuk mengambil voucher "KIDS GO FREE" di Mall City Square, sekalian "Window Shopping" aja di mall. Untuk menuju Mall City Square yang cukup dekat hanya jalan kaki menyeberang.

 

Penampakan JB City Square dari jalan Wong Ah Fook

 

Suasana Mall JB City Square

 

   Mall Johor Bahru City Square atau disingkat JB City Square ini merupakan pusat perbelanjaan 5 lantai dan gedung perkantoran yang lebih lama berdiri (tahun 1995), dengan 200 lebih toko didalamnya. Mall nya sudah modern juga, banyak tenan waralaba disini seperti KFC, Donat J.Co, Old Town White Cofee, dll. Selesai ketemuan dengan teman, saya jalan-jalan sekeliling mall sebentar dan kembali ke hotel untuk bobok, karena besok agendanya menjelajah "Legoland Theme Park" seharian.

 

booking bis malaysia singapore



339 Jejak Komen
  • keket

    Sun 11 Jun 2017, 16:07pm
    hai mas salam kenal.... infonya bermanfaat banget. sy mau nanya nih pesawat sy landing di senai sekitar jam 11 pm, 3 dewasa plus 2 anak. nginep di citrus hotel. baiknya naik apa, bis atau taksi kah? taksi bandara pake argo atau mesti tawar2 an? mengingat dah tengah malem sampainya. trmkasih

    Merespon

    • Yvzur

      Mon 19 Jun 2017, 12:34pm
      Salam kenal juga
      Bila masih keburu bisa naik shuttle bis AA1 turun di JB Sentral jadwal terakhir bisnya 11:30PM, kalo naik taksi dari bandara sy belum pernah :)

      Merespon

  • anggifalah

    Thu 18 Feb 2016, 0:08am
    Malam pak, saya mau tanya. Kira kira kalau dari jb ke kl naik apa ya pak? Dan berapa biayanya serta perkiraan wakti brp lama pak? Terimakasih sebelumnya 😊😊😊

    Merespon

    • Yvzur

      Thu 18 Feb 2016, 0:43am
      bisa by bis 5-6 jam, atau by plane

      Merespon

  • Andre wijaya

    Fri 12 Feb 2016, 0:33am
    Kak, mau tanya, saya mau melakukan perjalanan dari jogja ke johor bahru 28 feb 2016 ini pengalaman saya pertama kali pergi keluar indonesia dan saya sendirian, turun di senai airport lalu klo saya mau pergi ke hotel di jalan jaya , taman jaya bisa menggunakan apa ya ? Untuk backpacker sendirian, terima kasih

    Merespon

    • Yvzur

      Fri 12 Feb 2016, 11:58am
      Selain taksi, satu-satunya transport publik di Johor ya menggunakan bis

      Merespon

  • aisiti

    Wed 3 Feb 2016, 9:38am
    hallo
    terima kasih, infonya detail banget.. sangat membantu bagi yang baru pertama kali akan kesana, seperti saya.. hehe.. mau tanya
    1. klo boleh tau itu menuju hotel apa ya.. saya rencana akan menginap di citrus hotel.. apakah sama? bila beda mohon info dri jb sentral kearah mana ya?
    2. Untuk rencana balik ke singapura lgi saya ingin mencoba naik new KTM Shuttle Train dari Johor Bahru to Singapore (Woodlands Station (Shuttle Tebrau)) ada info untuk bli tiketnya dimana, dan naiknya dari sebelah mana?? tx

    Merespon

    • Yvzur

      Wed 3 Feb 2016, 10:30am
      Halo aisiti
      TQ juga sudah mampir,

      1. Sama, ikuti blog berikutnya
      2. Beli tiket di konter tiket di JB Sentral bisa jg beli Online disini, RM 5 sekali jalan, naiknya jg dari JB Sentral

      semoga membantu

      Merespon

  • emmy

    Thu 28 Jan 2016, 21:32pm
    Nice info.....sangaat...sangat membantu

    Merespon

    • Yvzur

      Sun 31 Jan 2016, 12:36pm
      Terima kasih sudah mampir

      Merespon

  • Ireine Roosdy

    Thu 7 Jan 2016, 22:56pm
    Yeayy! Berbekal info detil dari blog ini maka sampailah saya, suami, dan anak2 hari ini di JB melalui Spore. Thanks a bunch!!! Hanya ada beberapa perbaikan info, jalur coach sekarang bukan di bay 9 tapi bay 1.
    Nah... sekarang mau nanya nih mas, jalur pulangnya balik dari JB Sentral ke Changi gimana ya? Kami nginap di apartemen di Dangabay. Tiket pulang Sabtu nanti jam 12 siang. Ada nggak bus yg subuh2 berangkat dari JB, atau apa sebaiknya kami balik malam ke Spore? Pliss.. help needed. Again, thanks a bunch!!!

    Merespon

    • Yvzur

      Wed 13 Jan 2016, 10:24am
      Bravo...:)
      maaf, kyknya telat response nich krn sy juga baru balik dari penang, u/ jalur pulang balik sdh di share di blog juga, kalo di tabelnya bis-bis beroperasi mulai jam 4.15 AM kok

      Merespon

  • Lisa Karlina

    Tue 15 Dec 2015, 16:28pm
    Mau tanya nich,,, saya dari hotel Citrus Johor Bahru mau ke Changi Intl' airport SIN,,,
    1. Kalo saya mau naik bis Transtrar, berarti saya naiknya setelah melewati imigrasi di Johor Bahru CIQ ya ? Terus naiknya tepatnya dari mana ya?
    2. Setelah sampai di Woodland CIQ, bisnya bisa jadi bis Transtar yang lain ya? Nunggunya di mana ?
    Karena wktu berangkat saya pikir naik bis transtar yang sama, ternyata nggak begitu, saya celingak celinguk nungguin gak dateng2...
    Terimakasih atas informasinya...
    Sangat berarti !!!

    Merespon

    • Yvzur

      Wed 23 Dec 2015, 8:15am
      Hi Lisa,
      1. setelah lolos dari imigrasi turun aja ke lantai 3, tengok kiri/ kanan pasti dah ditunggu bisnya disitu
      2. masih sama kalo kelamaan antri di imigrasi, akan ditinggal oleh bisnya dan tunggu aja bis berikutnya

      salam jalan jalan :)

      Merespon

  • Liana

    Thu 3 Dec 2015, 16:48pm
    Hallo Mas,

    Mo tanya donk ... saya tgl 3-5 Jan'16 mo ke JB stlh check out htl di daerah Bras Basah, rencana stay di legoland resort bersama keluarga (3dewasa & 2 anak umur 12 dan 7thn) plus 2koper besar & 1 koper kecil. Better naik apa yah yg hemat ?
    Btw stlh check in htl sy jg mau pergi ke JPO coz tgl 4 Jan saya mau full day main di theme park & water park & tgl 5 hbs check out lsng balik SGP lg buat balik Indo pesawat jam 5 sore. Boleh bantu koreksi itinery saya ?

    Merespon

    • Yvzur

      Thu 10 Dec 2015, 23:39pm
      bisa naik MRT atau bis dari Queen street, bugis. Spertinya Itinerary sudah betul.

      Merespon

  • Lia

    Mon 30 Nov 2015, 9:46am
    Makasih mas buat infonya :)
    Skalian mau nanya, kalo dr Sultan Iskandar Checkpoint mau ke daerah Taman Universiti ada trasportasi umum apa ya? Thx

    Merespon

    • Yvzur

      Mon 30 Nov 2015, 18:32pm
      Maaf, saya belum pernah ke daerah Taman Universiti mau ke AEON ya :)

      Merespon

  • yunitha

    Sun 15 Nov 2015, 11:32am
    mau tanya donk gan,saya kan berencana mau ke sg via kl,nggak nginep sih di sg nya,kalo dari kl ke sg saya naik kereta api trus pulangnya dari sg ke kl enaknya naik apa ya?thanks ya sebelumnya....

    Merespon

    • Yvzur

      Wed 18 Nov 2015, 23:20pm
      kok jadi bingung sendiri mau naik apa hehehe :), bisa naik bis - bis juga naik pesawat atau naik kereta lagi

      Merespon


Ninggalin Jejak





 (opsi : Isikan link web-mu jika ada)



     Ikuti jejak komentar via email (Subscribe)

Kode Sekuriti