Wisata Keren

12
Apr

4 Hari Keliling Johor Bahru dan Singapore

Fri 12 Apr 2013, 0:10am

283

   Johor Bahru merupakan negara bagian dari Malaysia yang berbatasan langsung dengan negara Singapore. Wisata kali ini, saya menyempatkan diri untuk jalan jalan di Johor Bahru karena adanya obyek wisata yang baru dibuka, apalagi kalau bukan LEGOLAND Malaysia. Sempat terpikir juga sebelumnya, kalau datang ke Johor hanya untuk mengunjungi Legoland saja, rasanya kurang menarik. Untuk itu diputuskan sekalian melawat Singapore. Bukan Singapore namanya kalo tidak pandai mengemas dan memunculkan obyek wisata baru, dan benar juga, di Singapore saat ini sudah berdiri obyek wisata lain yang belum lama dibuka, yaitu "Garden By The Bay" dan satu lagi yang sedang akan dibuka juga, yaitu "Singapore River Safari"  (Update sudah buka / Soft Opening, tgl 03 April 2013). 

 

 mapjohor

Map Johor Bahru

 

   Jurus persiapan pun dimulai, seperti biasa awalnya harus mendapatkan tiket pesawatnya dulu, ada 2 alternatif maskapai penerbangan yang melayani rute ke Johor Bahru, Air Asia sudah lebih dulu membuka rute penerbangan langsung Surabaya (SUB) - Johor Bahru (JHB) sejak tahun lalu, namun harga termurah yang pernah dicek tidak bertepatan dengan hari libur, Pucuk dicinta ulam pun tiba, salah satu maskapai penerbangan Low Cost yang berbasis di Singapore, yaitu Tiger Airways juga membuka rute penerbangan baru langsung SUB - SIN sejak awal tahun ini, dengan diembel-embeli promo besar-besaran “Pergi Bayar Pulangnya Gratis”, kesangkut dech akhirnya untuk dapat tiket murah, sekaligus ingin menjajal aroma barunya armada Tiger Airways.

 

Promosi Mandala Tiger Airways

 

   Langkah berikutnya mencari tempat penginapan, hal yang satu ini memang gampang-gampang susah untuk menentukan pilihannya. Setelah melakukan pemantauan kayak "John Pantau di acara TV..hehehe.." maka diputuskan menginap di seputaran JB Sentral ketika di Johor Bahru dan di seputaran Little India ketika melawat di Singapore. Yang namanya mujur memang tidak akan lari kemana-mana ya, akhirnya menemukan hotel yang bener-bener strategis, nyaman (sesuai beberapa testimoni di tripadvisor dotcom) dan murah abis, karena ketika lagi browsing di Agoda, tyt ...a ha.. muncul "Flash Deal - Limited Time Offer Rate includes 50% discount!" dengan harga sekitar 280rb/malam untuk Family Room + Breakfast untuk hotel sekelas bintang 4 (harga normalnya 700rb an), bahkan setelah dipotong point yang saya punya di Agoda, harganya jadi cuman 200rb/malam nett. Saking murahnya, bahkan si Agoda sendiri nggak percaya hingga mengirimkan email dan mengatakan kalo rate nya salah karena kesalahan sistem,  whaaat??

   Setelah reply emailnya dan menunggu jawaban kepastian balik tidak muncul-muncul akhirnya saya kontak pihak hotelnya dan ternyata dijawab kalo sudah "Confirm", ya udah berarti lolos hehehe, Thanks AGODA (sering-sering aja salah rate biar murah wk wk wk...)

   Bagaimana dengan transportasinya? Ada beberapa alternatif pilihan transportasi menuju Johor Bahru dari Bandara Changi, yaitu :

1. Naik MRT turun di Stasiun Kranji, lalu dilanjutkan naik Bis menuju Johor

    Bahru.

2. Naik Bis Shuttle Transtar diantar sampai turun di Johor Bahru.

3. Naik Taxi yang tarifnya tentu mahal, dan tidak sebarang taxi bisa melewati

    perbatasan.

   Berhubung menumpang Tiger Airways, eh gak nyangka... ternyata ada fasilitas GRATIS untuk diantar menuju perbatasan Johor Bahru dengan naik bis shuttle Transtar dari Bandara Changi. Saya menggunakan "free coupon" yang dicetak sendiri terlebih dahulu dan nantinya diserahkan ke supir bisnya Transtar.

 

Gratisan Lagi Buat Penumpang Tiger

 

   Setelah urusan tempat bobok dan transportasi selesai, nah tinggal urusan tiket masuk Legoland yang perlu disiapkan, ada 2 pilihan yang bisa dilakukan beli di webnya (dapat disc. 20%) atau mau beli on the spot (tapi no discount), setelah berpusing-pusing ria browsing kayak upin ipin, akhirnya a..ha.... untuk kedua kalinya terucap. Tyt kalo beli on the spot memang no discount tapi bisa masuk dengan FREE hehehehe asal beli produk makanan tertentu yang mengeluarkan Voucher "Kids Go Free" (harganya RM 2 aja).

 

Voucher Gratis Masuk Legoland

 

    Jadi kalo beli via web 1 Dewasa (RM140) + 1 Anak-anak (RM 110), totalnya RM250, setelah disc. 20% jadi RM200, nah kalo pake voucher ini cukup bayar RM 140 untuk berdua, terima kasih banget buat temanku yg membantu mendapatkan produk dengan tanda voucher ini.

   Semua persiapan sudah ok, selang semingguan sebelum hari H, tiba-tiba pihak Tiger, melayangkan pemberitahuan perihal penjadwalan ulang, meski diberitahu seminggu sebelumnya via email tetep aja hati terasa dag dig dug ser, si macan jadi terbang apa nggak ya? Email berisi pemberitahuan kalau setuju dengan perubahaan jadwal yang terjadi, maka wajib segera melakukan konfirm balik dengan cara mengklik link yang disertakan atau jika tidak setuju, disarankan untuk menghubungi call centre untuk penerbangan alternatif. Karena jadwal keberangkatan hanya dimundurkan 2 jam saja, maka saya konfirmasi aja.

 

booking bis malaysia singapore



283 Jejak Komen
  • sherly

    Wed 23 Apr 2014, 10:56am
    hai bro mo nanya nih. sy rencana bln 21okt-26okt mo ke malay pake AA. renc mo ke johor dl ke HK land ama Legoland, baru ke KL. klo mo ke johor naik taxi tau ngga kira2 brp ya? trus recommend hotel di johor donk yg murah n bersih coz bawa anak2 nih. promo yg susu bln okt uda ngga ada donk ya? :( tolong kasi saran donk biar liburan murah meriah n enjoy. thanks yahhhh sblm nyaa.

    Merespon

  • wen

    Mon 21 Apr 2014, 9:08am
    Mau nanya dong barangkali tahu... Kalau semisal beli tiket legoland via online gitu, nanti kita harus tukar ke tiket fisik disana atau cuma perlu bawa printout nya saja ya?

    thanks.

    Merespon

    • Yvzur

      Mon 21 Apr 2014, 16:38pm
      Hi wen
      bawa printout dan tukar ke tiket fisik di loket Legoland

      Merespon

  • Jesica lauren

    Mon 21 Apr 2014, 7:37am
    Hi...hi... It' me again. Sorry ya, mas-mas ganteng koq tadi aku sebut "mba " di komen aku sebelumnya. He..he...he.

    Merespon

  • Jesica lauren

    Mon 21 Apr 2014, 7:31am
    Salam kenal mba....makasih banyak nih infonya soal tiket legoland, sangat membantu. Minggu depan rencananya saya akan ke legoland bersama anak-anak. Setelah membaca di web ini soal "Kids go free" saya jadi cepet2 deh cari susu Indomilk, tp koq ngk nemu yg dusnya ada promo itu ya mba? Kira-kira itu susunya yg kemasan kapan ya? Jangan-jangan yang bulan lalu dan sekarang dah ngk ada lagi. Hiks...hiks....hiks.... Di tunggu jawabannya ya mba. Tq.

    Merespon

    • Yvzur

      Mon 21 Apr 2014, 16:26pm
      Hi Jesica, I'm still a man tulen :D
      btw susu Indomilk nya yg buatan malaysia, jd kudu beli disana ha...ha...ha... mirip spt saya dulu, awalnya juga cari2 produk tsb disini

      happy traveling

      Merespon

  • fanny

    Mon 21 Apr 2014, 1:29am
    Sy mw k legoland tgl 26 april. Supaya dpt kids go free gmn? Bli ssnack-nya dimana?klo bli online kudu dr skr2 soalnya. Takutnya nti klo dah pe sana ga dpt kids go free dehhh. Thx

    Merespon

    • Yvzur

      Mon 21 Apr 2014, 16:10pm
      @fanny
      Promo Kids go free gak bisa digabung dengan beli online, harus beli di loket + bawa potongan produk kids go free, produknya bisa cari di sevel dan sering dibahas dijejak2 bawah

      Merespon

  • rahmi

    Sun 20 Apr 2014, 10:01am
    Blog yang keren. Rencananya akhir april kami mau ke JB+SING.Kami belum pernah ke JB.Anak kami sudah remaja.Selain ke Legoland dan Hello Kitty, kemana lagi ya tempat yang bisa kita kunjungi? Legoland itu hanya bentuk2 bangunan yg tersusun dari lego atau ada tempat permainan seperti di USS? Trimakasih atas info nya

    Merespon

    • Yvzur

      Mon 21 Apr 2014, 16:00pm
      Hi Rahmi terima kasih atas kunjungannya kesini

      Tempat2 wisata di johor bahru silahkan baca lengkap diblog ya, di Legoland ada banyak permainan juga coba baca juga diblog selanjutnya :)

      Salam Travelicious

      Merespon

  • M Riyan R

    Sun 20 Apr 2014, 9:42am
    Kebetulan saya baru pertama kali ke singapore. Kira2 hotel yang paling cocok untuk saya dimana ya? Dan tempat yang banyak menjual makanan halal dimana ya? kebetulan saya muslim.

    Merespon

    • Yvzur

      Mon 21 Apr 2014, 14:06pm
      @M Riyan R
      Silahkan cari di daerah Bugis atau Little India, didaerah tsb banyak kedai (hawker) yg menjual makanan halal

      Salam Travelicious

      Merespon

  • sukateh

    Thu 17 Apr 2014, 8:38am
    -saya pagi mendarat di changi. dan hari itu rencana mau langsung ke johor bahru. kalau mau ke legoland, mesti naik bis apa dan dari mana? :)
    -lalu baru besoknya balik singapur, juga naik apa dan dari mana?
    -berapa kisaran tarif PP Sing-Malaysia?
    - ada referensi tempat nginap di johor bahru utk bakcpaker kantong tipis? :D tengkiu

    Merespon

    • Yvzur

      Mon 21 Apr 2014, 12:37pm
      Hello Sukateh
      jawaban no 1 dan 2 sdh ada diblog bisa dilanjutkan baca

      -berapa kisaran tarif PP Sing-Malaysia?
      kurang jelas ini tarif PP apa bro.

      - ada referensi tempat nginap di johor bahru utk bakcpaker kantong tipis?
      kalo masalah penginapan keknya relatif, tgt bujet dan bisa cari dan cek di hostel world yang sesuai kantong jika backpaker-an

      Salam Travelicious

      Merespon

  • M Riyan R

    Tue 15 Apr 2014, 10:50am
    Saya rencana pertama kalinya ke JB pada bulan mei tgl.2 besok . Kira-kira lebih recommended cari hotel di sekitaran tun abdul razak/ di danga bay ya?

    Merespon

    • Yvzur

      Thu 17 Apr 2014, 4:51am
      Hi Riyan
      kalo baru pertama kali sih lebih rekomen cari hotel di sekitaran tun abdul razak, secara masih baru, krn cari makanan dan transportasi gampang

      Happy Traveling

      Merespon

  • sigit

    Tue 15 Apr 2014, 3:53am
    Saya coba cari transportasi bus dari Singapore ke Johor Bahru tengah kota (sekitar JB sentral), kok nggak ada ya? Causeway link semua jalurnya langsung ke Legoland atau Hello Kity land. Kira2, bus yg menuju ke dua lokasi itu, berhenti dan boleh menurunkan penumpang di JB Sentral kah?

    Merespon

    • Yvzur

      Wed 16 Apr 2014, 17:34pm
      @sigit
      Dari SGP ke JB via checkpoint yang mana dulu, CIQ (JBCIQ) atau CIQ2 (Tuas) ? Kalo bro Sigit via CIQ2 (bis kode CW3, CW4,CW6) memang jurusannya ke Legoland/Hello kity land dan gak lewat JB Sentral

      gunakan CW1 atau CW2 via JBCIQ kalo mau ke JB Sentral
      semoga membantu

      Merespon


Ninggalin Jejak





 (opsi : Isikan link web-mu jika ada)



     Ikuti jejak komentar via email (Subscribe)

Kode Sekuriti