Wisata Keren
Sponsor

02
Oct

Snorkeling, Diving, dan Penangkaran Hiu di Karimun Jawa #Day 3

Sun 2 Oct 2016, 23:25pm

1

    Karimun Jawa di kelilingi banyak sekali pulau kecil. island-hopping merupakan aktivitas menarik yang bisa (baca: kudu) dilakukan disini. Tentunya sebelum merealisasi Island-hopping ini, kita sudah terlebih dahulu melakukan kontak dan negosiasi dengan penduduk lokal yang memiliki kapal motor beserta guide-nya. Beruntung kami bisa mendapat join grup untuk sama-sama berangkat, sehingga bisa menekan biaya pelayaran, disamping itu kita jadi banyak kenal kawan sesama traveler yang kocak abis.

 

Rute Island-Hopping kami

 

    Selesai sarapan pancake bikinan-nya Mbak Sri (hotel), kami sudah dijemput ama sopir mobil sewaan menuju ke dermaga pelabuhan perahu motor yang letaknya di dekat alun-alun. Di dermaga sudah tampak sang guide beserta kawan-kawan join grup sudah menunggu di atas perahu dan siap-siap untuk berangkat. Hari itu matahari cukup bersinar cerah sehingga mendukung aktivitas island-hopping kami. Sebelum bongkar jangkar, bak penata gaya si guide memberi aba-aba kepada kami semua untuk pasang aksi sembari mengarakan tongsis kameranya, wefie....jepret....let's go, row..row..row your boat Bakalan seru nich kayaknya, apalagi pemandunya gaul banget, very rekomended .

 

Salah satu menu Free Sarapan Cocohut

 

Foto bareng si guide dan kawan join grup di dermaga perahu motor

 

    Sebagai tujuan awal sekaligus tester, guide kami membawa perahu ke tengah lautan dan menurunkan jangkarnya. Disini penampakan air laut cukup jernih namun ombak cukup goyang. Begitu jangkar sudah nancap di laut, lagi-lagi si guide berteriak, Ayo....Selfie lagi...sekaligus dengan mengacungkan tongsis kamera waterfproofnya. Begitu jeprat-jepret selesai, tanpa aba-aba pun kawan-kawan langsung menceburkan diri ke laut dan menjalankan aksinya, seperti menyelam atau snorkeling. Wow.. begitu indahnya alam laut di bawah sini, dengan ikan-ikan berwarna-warni yang berenang baik bergerombol maupun sendirian.

 

Wefie...di tengah lautan

 

Levitation Style

 

Nyebur rame-rame pasti seru

 

Terumbu karangnya ck..ck..ck....

 

    Sementara itu si kecil Arthur, yang dari tadi diam di atas perahu, tampaknya mulai resah dan menangis tanpa tahu penyebabnya, diajak nyemplung pun nangis melulu, terpaksa diangkat balik naik perahu he…he…he…Setelah puas pemanasan nyebur laut, lokasi pun berpindah. Perahu bergerak menuju P. Menjangan Besar. Sepanjang perjalanan, si Arthur masih menangis aja, meski sudah dihibur kawan-kawan, gak mempan jua. Baru kali ini liat anak nangis gak ada stopnya wk..wk..wk.

    Perahu merapat ke P. Menjangan Besar, ternyata di sinilah terdapat tempat penangkaran ikan hiu. Sebelum prosesi bermain dengan hiu, satu persatu dari kami nyebur di kolam kecil yang terdapat berbagai jenis makhluk laut yang unik dan lucu seperti ikan fugu-fugu, penyu, bintang laut, karang laut. Selesai foto-foto jangan lupa berdonasi buat yang punya penangkaran ini.

 

Mirip gak ya ?

 

Star Fish

 

Cup cup ah...

 

    Menceburkan diri di kolam penangkaran ikan Hiu….hi..hi..hi.. ngeri juga, jadi teringat-ingat filmnya Mr. Steven Spielberg tahun 80’an yang berjudul “Jaws”. Hiu yang diternakkan disini merupakan jenis Hiu Kencana. Didalam kolam kami sudah diinstruksikan untuk mengangkat kedua tangan, maksudnya supaya jari tangan gak jadi incaran si ikan hiu. Yang masih mempunyai luka borok mending gak ikutan nyebur ya, tau sendiri kan bau amis darah bisa merangsang hiu untuk menyerang, jaga-jaga aja. Nah disini nih, si Arthur yang sepanjang perjalanan nangis melulu di perahu, tiba-tiba berhenti nangis dan ikut bercanda, sambil membawa pancing berisi ikan yang sejatinya buat umpan si hiu. Pancingnya dicelup-celupkan ke kolam, kawan dari dalam kolam pada menggoda sambil mulutnya menirukan mulut ikan yang siap menangkap umpan yang diulurkan si Arthur, saksikan keseruannya melalu video yang sudah diunggah, kocak sekali…pokoknya.

 

 

    Hari sudah menjelang siang, kami udahan dulu dengan main-main ikan hiu, balik menuju perahu kembali berlayar untuk menuju P. Cemara Kecil yang letaknya cukup jauh ke utara. P. Cemara Kecil ini, merupakan pulau yang tidak berpenghuni. Di sini kami istirahat sembari bakar-bakar ikan untuk makan siang bersama-sama. Tidak banyak aktifitas dilakukan di sini selain berfoto aja dan keliling memutari pulau kecil eksotis ini.

 

Papan Sambutan

 

Panorama Pulau Karimun Jawa dari Cemara Kecil

 

BBQ-an ikan

 

Hidangan makan siang yang disediakan

 

    Tak berapa lama, perahu berlayar kembali menuju ke selatan, kali ini kita akan merapat di depan terumbu-terumbu karang dekat P. Menjangan Kecil. Mencebur lagi, snorkeling lagi, kali ini ikan hiasnya bener-bener pada bersliweran banyak sekali berenang-renang mendekat di bawah perahu kita, sampai gemes, bawaannya kudu mau menangkap nich ikan, It’s really beautiful - man.

 

Snorkeling bareng Ikan-ikan yang bersliweran

 

Menyelam mendekat terumbu karang

 

    Kami bermain-main dengan ikan dan menghabiskan waktu di sini sampai matahari hampir terbenam, lalu setelah itu kembali ke dermaga perahu motor. Dari dermaga meluncur kembali ke hotel tempat kita menginap untuk bersih-bersih badan sebelum akhirnya menutup hari ini dengan dinner lagi di seputaran alun-alun. Jalan-jalan masih menyisakan 1 hari lagi, masih ada beberapa obyek wisata menarik di Karimun Jawa yang patut dikunjungi, ikuti di blog mendatang ya.



1 Jejak Komen
  • Husnul Fadhilah

    Fri 13 Jan 2017, 17:51pm
    wah banyak juga ya Pesona Indonesia yang belum saya ketahui

    Merespon


Ninggalin Jejak





 (opsi : Isikan link web-mu jika ada)



     Ikuti jejak komentar via email (Subscribe)

Kode Sekuriti