Wisata Keren

User Online : 2







Sponsor

02
Oct

Jalan-jalan di Avenue of Stars dan Disneyland #Day 2

Tue 02 Oct 2012, 10:22am

8

   Pagi ini kita kompak untuk bangun agak siang, agar stamina lebih fit karena rencana seharian ini akan menjelajahi Disneyland Resort. Ya.. inilah enaknya kalo pergi sendiri tanpa ikut paket tour, kita bebas menentukan kapan mau bangun tidur atau kapan mau berangkat jalan-jalan, tidak ada ikatan waktu. Sembari menunggu pasukan yang lain untuk bersiap-siap, saya mencoba menengok ke jendela kamar hotel, waduh...kok mendung ya, jangan-jangan hujan nich, saya coba browsing melalui Wifi di kamar hotel untuk melihat ramalan cuaca hari ini, melalui situs resmi dari pemerintah Hongkong. Gak rugi juga kok nginep disini karena sinyal Wifi-nya kencang banget, dan lagian hotel ini memberlakukan aturan dilarang merokok, jadi kamarnya bener-bener bebas bau rokok, kalau ketahuan merokok di hotel / kamarnya akan dikenakan denda - so jika menginap dengan keluarga dengan anak-anak, cukup baguslah.

   Perlu dicatat bahwa ramalan cuaca di situs resmi pemerintah Hongkong ini sangat terkenal keakuratan dan ketepatannya (silahkan cek disini), apalagi Hongkong-kan terkenal dengan surganya Angin Topan (Typhoon) yang sering melanda di musim panas (Mei - September), jadi akurasi sangat dipentingkan banget untuk menjamin keamanan warganya. Namun beruntung, Hongkong sudah mempunyai "Sinyal Peringatan Dini" jika akan terjadi angin topan tersebut beserta level kekuatan angin yang bakal menerjang. Dan Puji Tuhan selama wisata di Hongkong kami tidak mengalami kiriman angin topan tersebut hehehe....

  Setelah saya cek di situs tersebut, disebutkan hari itu cuaca cukup cerah berawan, benar saja, jadi meski pagi itu agak mendung namun beranjak ke siang hari semakin panas saja. Saya putuskan untuk memulai perjalanan dengan sarapan dulu di kedai cepat saji yang ada di dekat hotel yaitu "Yoshinoya", lumayan enak lho "Beef Bowl" nya dan harganya pun cukup bersahabat apalagi ada "Promo" beberapa paket menu yang didiskon khusus untuk sarapan pagi, asal datangnya tidak lewat jam 10 pagi.

 

resto yoshinoya

Antri Pesanan

 

Beef Bowl Yoshinoya

Paket Beef Bowl

 

   Setelah sarapan selesai, dan sebelum menuju ke Disneyland, sekali lagi saya ingin ke Victoria Harbour dulu, ke Avenue Of Stars, jika pergi ke Hongkong sebaiknya sempatkan untuk ke kawasan ini di malam hari dan di pagi/siang hari, karena suasana pasti beda juga. Seperti pada malam sebelumnya, untuk menuju ke lokasi, cukup menyusuri Nathan Road ke arah Selatan hingga ujung yang merupakan kawasan Hotel Sheraton dan di ujung jalan ini belok kiri dan putar balik untuk masuk ke tunel bawah tanah dimana SOGO berada.

 

avenue of stars

Petunjuk masuk tunel untuk ke "Avenue Of Stars"

 

   Wow, ternyata udara pagi di kawasan Avenue Of Stars ini cukup segar, saya menyusuri sepanjang jalan pedestrian ini sambil komat-kamit membaca nama setiap telapak tangan para personal yang terlibat dalam sejarah perfilman Hongkong, dan terutama mencari-cari dan akhirnya ketemu juga telapak tangan si "Jackie Chan". Penataan telapak tangan disini disusun berdasarkan urut-urutan (milestone) dari era awal perfilman Hongkong yang mana disebut "Silent Era" (Film bisu yang dibuat oleh "Lai Man Wai"), Era tahun 30 dan 40 an, 50 dan 60 an, 70 an, 80 an,hingga Era tahun 90 an dan hingga saat ini sudah ada 101 telapak tangan lho (Untuk lebih detail bisa baca disini). Disetiap beberapa meter terdapat patung-patung menarik yang berkenaan dengan pembuatan film, dan ada juga patung si "Bruce Lee". Selain itu juga terdapat 3 kios yang menjual souvenir-souvenir berkenaan dengan Avenue Of Stars ini.

 

patung alat take action

Patung Pernik Pembuatan Film

 

telapak jackie chan

Hand Print si "Jackie Chan"

 

patung bruce lee

"Bruce Lee" dengan gaya khasnya

 

   Setelah puas menghirup udara nan segar serta bergaya ria bak bintang pilm Hongkong, jepret sana-jepret sini, dari sudut manapun, jalan-jalan dilanjutkan menuju Hongkong Disneyland. Untuk menuju Nathan Road lagi, saya melewati jalan yang sama ketika datang ke Avenue Of Stars ini, kembali masuk tunnelnya SOGO, ketika didalam SOGO, belanjanya harus ditahan dulu , kalo nggak, bisa-bisa gak jadi ke Disneyland tuh, kali ini untuk keluarnya pilih arah Hotel Peninsula ya, supaya pas nyampe di atas tunnel sudah berada di kiri jalan Nathan Road (kalau pilih Hotel Sheraton akan berada di kanan Nathan Road), keluar dari tunnel jalan lurus beberapa meter ke utara hingga mencapai pintu EXIT E dari Stasiun MTR Tsim Sha Tsui. Sebelum masuk, saya menyempatkan untuk membeli beberapa botol Air Mineral (seharga 4.5 HK$) untuk bekal ketika berada di area Disneyland, karena jika beli di dalam area, harganya bisa berlipat-lipat.

   Perlu diketahui lagi, Disneyland Hongkong terletak di Lantau Island, jadi untuk menuju kesana tidaklah sulit, naik MTR dari Stasiun Tsim Sha Tsui  ini (Jalur Biru), dan jangan lupa turun di Stasiun Lai King untuk ganti jalur oranye (MTR ke arah Stasiun Tung Chung), Setiba di Stasiun Sunny Bay, kita turun lagi untuk ganti MTR jalur khusus ke arah Disneyland. Ini Jalur khusus yang berhentinya langsung pas di depan Disneyland Resort. Bingung - nggak lah, berkat kereta MTR dijamin mudah banget sampai tujuan (lihat rute biru putus-putus). Jika masih kesulitan menentukan keluar masuk MTR-nya bisa mengakses situs resminya MTR Hongkong, klik bagian Journey Planner, kemudian masukan "dari" dan "ke" tujuan di kolom Jorney Search yang disediakan, setelah diklik akan muncul rutenya lengkap dengan waktu perjalanan dan harganya jika menggunakan Octopus Card.

 

rute
mtr ke disneyland

Jejak rute MTR ke Hongkong Disneyland

 

   Perjalanan menggunakan MTR untuk menuju ke Disneyland hanya butuh waktu sekitar 38 menit saja. Dan di dalam kereta juga tidak padat, karena arah kita berbalikan dengan arah orang-orang Hongkong yang berangkat kerja ke daerah Causeway Bay. Jadi benar-benar nyaman, setiba di Stasiun Sunny Bay saya turun untuk ganti jalur MTR Disneyland Resort, Aroma Disney sudah kerasa kental banget disini, yang mana MTR yang ditumpangi ini berhias tokoh disney, seperti jendela MTR bentuknya kepala Mickey Mouse, gantungan untuk pegangan tangan jika kita berdiri di dalam kereta juga berbentuk Mickey Mouse, didalamnya kereta pun terdapat patung-patung Mickey Mouse, Mini Mouse, Tinker Bell, Donald Duck, dan kawan-kawan. Tempat duduknya pun juga beda dibandingkan dengan MTR biasa. Pengunjung benar-benar dimanja.

 

mtr
ala disney

Menunggu MTR ke Disneyland

 

pegangan

Gantungan Pegangan

 

patung miki

Replika Mickey Mouse di dalam MTR

 

   MTR yang saya tumpangi pun berhenti persis di depan halaman depan pintu masuk ke Disneyland. Sebelum masuk ke area, saya menginstruksikan agar air mineral yang tadi sudah dibeli sebaiknya di masukkan ke kantong celana dan kaos/baju yang dipakai di keluarkan hingga menutupnya hehehe, karena ketika akan masuk ke dalam, semua tas pengunjung yang dibawa akan diperiksa dan memang tidak diperkenankan untuk membawa masuk makanan maupun minuman, ya kalau semua pengunjung bawa bekal, kan makanan dan minuman yang di dalam area jadi gak laku tuh.

  Sebelum masuk beli tiket dulu, jangan lupa tiket dewasa, anak-anak atau lansia (senior) harganya beda ya (harga tiket saat itu 399HK$ - dewasa, 285HK$ - anak-anak, dan 100HK$ untuk lansia), maunya sich beli tiket di resepsionis hotel karena dapat diskon, namun ketika saya tanyakan resepsionis hotel sebelum berangkat tiketnya sudah habis dan disarankan beli di lokasi (batal dech dapat diskon tambahan). Mengenai tiket masuk ini, sebenarnya juga bisa dibeli secara online, dan jika ada promo-promo akan diberikan diskon jika pesan secara online, namun waktu itu tidak ada promo untuk tanggal jadwal kedatangan saya, sehingga saya putuskan untuk beli di lokasi saja, alasan lainnya  tiket yang dibeli akan ditera sesuai tanggal kunjungan, dan jika tidak datang lewat tanggal tercetak di tiket, tiket dianggap hangus, selain itu perlu diperhatikan jika berkunjung diantara bulan Mei - September dan saat berkunjung terjadi angin topan dengan kekuatan level 8 hingga 10, ada beberapa ketentuan berkenaan dengan tiket yang dibeli, sbb:

1. Jika sinyal peringatan angin topan terjadi sebelum jam operasi disneyland, maka jam buka diundur 2 hingga 3 jam setelah level sinyal peringatan diturunkan. ( ya siap-siap gak puas kalau hal ini terjadi )

2. Jika sinyal peringatan angin topan terjadi selama jam buka operasi disneyland, disneyland bisa ditutup sebelum jam usai normal operasionalnya. Dan jika terjadi sebelum jam 16.30 maka, tiket bisa ditukar untuk berkunjung lagi dengan masa berlaku hingga 6 bulan. Namun jika terjadi setelah jam 16.30 tidak ada penggantian tiket. Untuk detail penjelasannya bisa cek disitusnya.

Atas dasar inilah, maka saya putuskan untuk beli di lokasi saja, jadi kalau terjadi sinyal peringatan angin topan mending dibatalin berkunjungnya dan ganti har lain daripada waktunya pendek sehingga gak puas. Untuk detail pesan tiket online dan seluk beluk Disneyland Hongkong bisa cek di hongkongdisneyland.com

 

gerbang disneyland

Gerbang Disneyland Hongkong

 

   Tiket masuknya cukup unik dan bagus juga untuk sebagai koleksi karena gambarnya benar-benar "Cute" dan tiket ini jangan hilang karena bisa dipakai untuk "FASTPASS" ketika di dalam area. Setelah melewati pintu masuk dan sukses meloloskan beberapa botol air minum di saku celana, ekplorasi diawali dengan berkeliling seputar taman promenade dulu, disini terdapat air mancur dengan patung ikan paus dan miki mouse seolah-olah berselancar di atas air mancur semburan ikan paus tersebut, serta tokoh-tokoh Disney lainnya seperti Gufi, Donal Bebek, Mini.

 

tiket disneyland

Tiket Masuk Disneyland yang keren

 

   Ketika berkunjung di tempat Disneyland seperti ini, pintar-pintarlah memilih wahana mana yang antriannya sedikit supaya waktu berkunjung tidak habis hanya karena menunggu antrian. Selain itu pihak Disney sudah membuat sistem yang memudahkan pengunjung agar tidak kehabisan waktu hanya karena antrian (Queue), misalnya disetiap wahana disediakan display  atau kadang penjaga yang memegang tongkat dengan informasi berapa lama waktu tunggu antrian wahana tersebut, juga disediakan sistem tanpa antri (FASTPASS ticket system), dimana kita tinggal memasukkan tiket masuk kita kesebuah mesin FASTPASS maka akan tercetak struk/tiket FASTPASS berisi jam dimana kita boleh masuk ke wahana tsb, jadi kita tidak perlu mengantri disitu terus tapi bisa berkeliling ke tempat wahana permainan lain, nah kalo sudah tiba waktunya baru kita balik lagi ke wahana tsb dan langsung masuk.

   Taman Disneyland ini didesain berisi wahana-wahana untuk dapat dinikmati keluarga dengan anak-anak yang masih kecil sekalipun, dibagi dalam beberapa Zone untuk memudahkan pengunjung, yaitu :

 

1. Main Street USA

   Merupakan jalanan dengan kanan kiri terdapat toko-toko souvenir baju, mainan, boneka, juga merupakan tempat yang akan dilalui parade Disneyland, serta beberapa restoran.

 

main
street
Suasana Main Street USA

 

2. Adventure Land

   Zona berisi petualangan tokoh Disney seperti Film Tarzan dan Festival Lion King. Untuk Zona Film Tarzan ini tidak terlalu menarik menurut saya.

 

3. Tomorrow Land

   Zona ini cukup menarik karena kita ketemu tokoh Buzz atau Lilo Stich, dan bisa masuk ke permainan tembak-tembakan menggunakan lazer (Buzz Light Year Astro Blaster), dimana pengunjung diajak naik kereta berjalan di ruangan tertutup sambil menembakkan senjata lasernya dan jika tepat mengenai sasaran musuh, ada semacam counter yang terus bertambah, jadi kita bisa berkompetisi dengan rekan 1 kereta untuk mendapat poin sebanyak-banyaknya. Ada juga zona balapan mobil (Utopia), naik piring terbang berputar-putar  (Orbitron), atau naik roller coaster indoor (Space Mountain).

 

tomorrow land

Gerbang Tomorrow Land

 

4. Fantasy Land

   Di zona ini, kita bisa bertemu tokoh Mickey Mouse, Minnie Mouse, Goofy, Pluto, Donald Duck, Putri Salju, Cinderella, Winnie the Pooh, Belle, Sleeping Beauty, jadi yang suka foto-foto bareng tokoh-tokoh Disney bisa mampir kesini, sedangkan wahana yang ada lebih banyak wahana klasik semacam kereta api, komidi putar (Cinderella Carousel), Gajah Terbang berputar (Dumbo The Flying Elephant), Cangkir berputar, istana boneka karakter Disney (It's a Small World), Film 3D yang cukup menarik dan lucu karena menceritakan film Aladin tetapi diparodikan dengan pemeran utamannya Donald Duck, ada lagi petualangan bersama Winnie the Pooh (The Many Adventures of Winnie The Pooh) untuk yang ini gak sempat lihat, karena antriannya bener-bener penuh sesak sepanjang hari. Selain itu ada pertunjukkan musik kabaret Golden Mickey yang cukup luar biasa untuk ditonton.

 

golden miki

Pertunjukan Golden Mickey

 

5. Toy Story Land

   Zona ini masih lumayan baru ketika saya berkunjung, dan suasana area ini didesain seperti dalam film Toy Story, beberapa replika film Toy Story dibuat dalam ukuran besar disini, wahananya hanya ada beberapa saja, ada semacam mobil yang di ayun naik turun dengan lintasan setengah lingkaran (RC racer), lalu ada wahana dimana pengunjung dibawa naik ke atas ketinggian lalu dijatuhkan seperti prajurit parasut mainan (Toy Soldier Parachute Drop), komidi putar lagi tapi berbentuk kereta (Slinky Dog Spin), juga ada jumpa tokoh Woody dan Jessey

 

toystoryland

Gerbang Toy Story Land

 

6. Grizzly Gulch

   Untuk Zona ini baru dibuka bulan September 2012 jadi waktu saya kesini belum ada. Zona ini didesain ala kehidupan jaman koboi (wild wild west) Ada wahana roller coaster yang desain seperti kereta pertambangan, ada jumpa tokoh Mickey Mouse dan Minnie Mouse berpakaian ala cowboy, tokoh Chip dan Dale, permainan semburan gas ala Geyser (Geyser Gulch).

 

  Menjelang tengah hari, udara semakin panas saja (cocok dengan ramalan cuacanya), membuat gerah sehingga harus banyak minum, dan mulai kehabisan stok air minum hahaha, akhirnya harus terpaksa mencoba untuk beli minuman dan memang harganya berlipat, beli air mineral dengan ukuran sama seperti yang saya bawa harganya 22HK$. Sambil mencari restoran yang cocok untuk makan siang, akhirnya saya tertarik dengan 1 tempat yang menjual aneka panggangan ("Roasted") di dekat Zona Tomorrow Land, ada Roasted Chicken Rice, Roasted Chicken Noodle, Roasted Duck Rice, Roasted Duck Noodle, Roasted Pork Rice, Roasted Pork Noodle, aneka Meat Ball juga ada.

 

Nasi Bebek Panggang

Nasi Bebek Panggang

 

   Makan belum usai, panggilan untuk menonton parade sudah berkumandang, ya jadinya kudu cepet-cepet menelan habis tuh sepiring bebek panggang, jika berkunjung di Disneyland ini jangan sampai ketinggalan nonton atraksi parade tokoh-tokoh Disney yang sangat berkesan nama kerennya "Flights of Fantasy Parade". Sekitar jam 15.30 bersiaplah mengambil tempat yang pas untuk menonton, saya sendiri mengambil posisi di seputar taman bundar di ujung jalan zona Main Street USA dekat juga dengan Area Tomorrow Land tempat saya makan tadi, untuk melihat barisan parade ini.

 

flights of fantasy

Parade Para Tokoh Disneyland

 

   Waktu berjalan terus dan hampir semua wahana sudah dicoba dan beberapa show pertunjukan ditonton, sekitar jam 20.00 persiapkan diri lagi mengambil posisi yang pas di depan kastil "Sleeping Beauty" untuk menonton pertunjukan Kembang Api yang spektakuler, dengan selesainya pertunjukkan kembang api menandakan bahwa jam operasi Disneyland sudah usai dan tutup. Semua pengunjung berduyun-duyun kembali ke stasiun MTR. Daripada mengikuti arus orang-orang yang penuh sesak untuk keluar dari area Disneyland, saya menyempatkan untuk mampir ke toko-toko penjual cindera mata dulu, khususnya kerajinan kristal, di toko ini kita bisa melihat dengan jelas cara pembuatan tokoh-tokoh Disneyland dari bahan kristal secara "Hand Made", namun harganya cukup fantastis juga, Donal Bebek seukuran jempol tangan, harganya bisa 1 juta lebih (990HK$).

 

kembang api disneyland

Pertunjukan Kembang Api

 

souvenir kristal

Cinderamata dari kristal

 

   Setelah agak berkurang jumlah pengunjung yang pulang, baru saya putuskan untuk keluar dari Disneyland. Untuk kembali lagi ke daerah Nathan Road, gunakan rute yang berbalikan dengan arah keberangkatan sebelumnya. Sesampai di sekitar hotel, cari makan malam dulu baru bobok untuk istirahat karena waktu sudah menunjukkan sekitar pukul 21.30 an.



8 Jejak Komen
  • neni

    Tue 1 Sep 2015, 18:57pm
    Terima kasih blog nya sangat membantu sy waktu ke legoland dari Singapore. Petunjuk nya begitu lengkap. Sy mau tanya di holiday inn causewaybay kamar nya apa yg bisa berempat.(deluxe , superior) Terus mau tanya hotel di hongkong apa ketat terhadap tamu nya bila saya bersama 2 anak ( total 4) sekamar? Terima kasih semua informasi nya

    Merespon

    • Yvzur

      Tue 1 Sep 2015, 20:45pm
      Hallo neni
      wah senang juga kalo blog ini bisa membantu hehehe,
      Holiday inn causewaybay, minta yang ada sofabednya krn spacenya lumayan luas bisa untuk berempat dengan anak-anak,

      dari pengalaman hotel yg sy book sih tidak terlalu ketat meski sekamar bersama 2 anak

      Merespon

  • elly

    Thu 6 Feb 2014, 13:03pm
    di hotel benito bs gk sekamar ber3..tanpa biaya tambahan tentunya..trims

    Merespon

    • Yvzur

      Fri 7 Feb 2014, 3:16am
      @Elly
      Kalo ingin bertiga sebaiknya book yang tipe twin bed, karena ruangan lebih gede dibanding tipe queen bed (single) meski ratenya sama

      Merespon

  • Maria

    Thu 10 Jan 2013, 11:43am
    Nice share Pak.. Saya mau nanya, waktu di HKG nginep dimana ya? Rate ya brp? Thx alot

    Merespon

    • Yvzur

      Fri 11 Jan 2013, 09:50am
      Terima kasih sudah mampir kesini. Dengan pertimbangan bawa anak kecil dan ortu, serta harga hotel di HKG rata-rata ratenya berubah sesuai harinya, so saya nginep di 2 tempat berbeda, Hotel Benito di daerah Nathan Rd (kebetulan u/ hari yg saya book lagi promo),dan Holiday Inn Express di Causeway Bay (sekamar bisa berempat+Breakfast).

      Merespon

    • Michael Novel

      Sat 23 Nov 2013, 22:06pm
      @Maria.. September kmrn saya nginap di Sunny Day hotel.semalam 600rb.dekat dgn stasiun Jordan.klu dr Bandara juga gampang transportasinya. sayang selama 4 hari di HK dihajar hujan terus.

      Merespon

      • Yvzur

        Sun 24 Nov 2013, 18:59pm
        @Michael, terima kasih atas infonya

        Salam Travelicious

        Merespon


Ninggalin Jejak





 (opsi : Isikan link web-mu jika ada)



     Ikuti jejak komentar via email (Subscribe)

Kode Sekuriti