Wisata Keren

Mini Siam, Central Festival, Restoran Robot #Day 3

Tue 17 Sep 2013, 22:20pm

pesan hotel murah

Memasuki hari ketiga, rencana semula mendadak harus diubah, sejak awal keberangkatan, dah kebayang eksotiknya pantai Phuket yang terkenal, seperti  Phi Phi Island dan James Bond Island, ya, karena persiapan trip kan sudah diatur lumayan panjang, agar cukup waktunya untuk mengeksplorasi Pattaya - Phuket - Bangkok. Ujubileh tiba-tiba anak mengalami ganti gigi disertai demam sesaat (ada ada aja  ha ha ha), akhirnya rencana menginap 4 hari di Phuket selepas Pattaya ini, jadi batal.

Bis nyaman Pattaya - Phuket ( sumber : Phuket-Pattaya dot com)

Sebenarnya rencana untuk menuju Phuket dari Pattaya akan menggunakan moda transpotasi bis, alternatif ini saya pilih dikarenakan pada saat itu tiket penerbangan Bangkok - Phuket lumayan mahal, yang kedua setidaknya bisa mengurangi jatah biaya inap hotel 1 malam, karena bis berangkat petang dan akan tiba di Phuket keesokan paginya. Bisnya juga cukup baru dan nyaman, first class gitu lho.., meskipun perjalanan Pattaya - Phuket tsb memakan waktu 14 Jam. Operator bis ini mungkin merupakan satu-satunya yang mengoperasikan bis rute Pattaya - Phuket dan sebaliknya. Untunglah, karena maunya beli tiket bis ini "on the spot" saja, jadi ketika batal, dana bisa dialihkan untuk jatah perpanjang hotel. Kantor operator bis Phuket-Pattaya ini terletak di seberang terminal bis North Pattaya  ("Roong Reuang Bus Terminal"), agak ke selatan dikit.

Kantor penjualan tiket bis Pattaya - Phuket

Gagal menuju Phuket, memberikan hikmah tersendiri, bahwa "Sebaik apapun rancangan perjalanan kita, ternyata rancangan Tuhan jauh lebih baik bagi kita, hehehe". Pagi-pagi, sebelum melanjutkan trip hari ini, saya langsung mempersiapkan plan B, yaitu menambah jam tayang 2 hari di Pattaya dan 2 hari Bangkok, xi xi xi. Berhubung fasilitas hotel tempat menginap cukup lengkap, wifi lancar, bisa print out gratis, sehingga memudahkan untuk booking hotel ulang. Setelah perpanjangan inap beres, saatnya untuk mengudara lagi (maksudnya lanjut jalan-jalan), dari hotel kita jalan kaki, cukup dekat aja, menuju bundaran yg ada patung lumba-lumbanya di North Pattaya Rd. Ya dari sini lah, kita bisa naik Songteow, angkutan publik nan murah meriah untuk menuju Bottle Art Museum dan Mini Siam.

Rute Jalan Kaki + Naik Songteow ke Mini Siam

Tepat di ujung seberang jalan, sebuah Songteow siap hendak berangkat, cara-cara naik Songteow ini, sudah pernah dibahas di posting awal ya, jadi kudu ati-ati naik angkutan ini supaya gak kena mahal. Naik Songteow dari ujung jalan hingga ujung jalan berikutnya hanya THB10 aja per-orang, sesampai di ujung jalan, tepatnya pertigaan North Pattaya Rd - Sukhumwit Rd, Songteow akan berputar balik, jangan cemas, tinggal pencet aja belnya, akan berhenti. Lokasi Bottle Art Museum dan Mini Siam ada di sebelah kiri pertigaan (di Sukhumwit Rd), jadi begitu turun kita ganti mencegat Songteow lain yg lewat di Sukhumwit Rd ini. Total naik Songteow berempat cuman THB80, bandingkan kalo naik taksi akan diminta minimal THB150.

Tidak lupa untuk selalu melihat sebelah kanan jalan, dan begitu terliat patung raksasa khas Mini Siam dan billboard gede tanda tempat wisata Mini Siam, saya langsung pecet bel untuk stop. Mini Siam terletak di sebelah kanan jalan sedangkan Bottle Art Museum terletak di sebelah kiri jalan, persis berhadapan. Jadi begitu turun dari Songteow, kita ngacir dulu ke Bottle Art Museum

Jalan masuk Museum Botol

Bangunan Unik di sebelah Museum Botol

Bottle Art Museum terletak bersebelahan dengan sekolahan, "KINGSTON BUSINESS SCHOOL" dan lokasinya agak kedalam, kalo gak ada tanda petunjuk, akan bingung juga untuk menemukannya. namun setelah tiba di lokasi, alamak mahal juga tiket masuknya on the spot untuk seukuran mini museum begitu harus bayar THB200 dewasa dan THB100 anak-anak. Yang dimaksud museum botol disini bukan memamerkan botol-botol yang unik-unik, tapi berupa botol-botol yang berisi miniatur bangunan atau miniatur apapun. Akhirnya saya balik badan dan skip aja, menuju ke Mini Siam yang ada di seberang jalan.

Sebelum kita menyeberang jalan, suatu kejadian unik terpapar di depan mata kami, sebuah mobil yang berhenti dan seseorang didalamnya yang entah lagi patah hati, galau atau entahlah, saya perhatikan sehabis nelpon dan menutup telpon genggamnya, tiba-tiba membuka jendela, dan dengan kesal menghamburkan beberapa uang kertas begitu aja ke jalan raya dan langsung tancap gas pergi ngeluyur entah kemana. Kita yang mau menyeberang, jadi sempet bengong sesaat, namun secara reflek juga, langsung aja saya suruh istri memunguti uang yang berhamburan tersebut, ada beberapa orang yang naik motor lewat, berhenti dan ikut-ikutan memungut uang yang terbang kemana-mana juga. Alhasil, uang yang terpungut, lumayan bisa buat dinner nich ???

Mini Siam

Depan gerbang Mini Siam

Mini Siam dibangun pada tahun 1986, merupakan taman miniatur berisi replika mini bangunan terkenal yang ada di Thailand dan seluruh dunia. Buka setiap hari pukul 07.00 - 10.00 PM, Lokasi peletakan replika di Mini Siam dibagi menjadi 2 bagian zona, yaitu : Zone Europe dan Zone Mini Siam.

1. Zona Eropa

Merupakan zona yang akan dilewati ketika pertama kali masuk, disini terdapat miniatur bangunan macam : Menara Eifel (Perancis), Colosseum (Italia), The Cologne Cathedral (Jerman), Tower Bridge (Inggris), dll. Yang rada aneh, kok dinamai zona eropa, padahal didalamnya juga terdapat miniatur dari berbagai negara selain eropa, seperti The Opera House (Australia), Patung Liberty (USA), Patung Tuhan Yesus Memberkati (Brazil), Patung Merlion (Singapore), secara total ada 38 bangunan miniatur di Zona Eropa ini.

Starting point

Miniatur Replika Menara Pisa

2. Zona Mini Siam

Zona yang satu ini tidak lain berisi segala sesuatu yang berhubungan dengan negara Thailand dan kebudayaannya, seperti Wat Arun, Victory Monument, Democracy Monument, The Royal Temple of Emerald Buddha, Rama IX Bridge, dan lain lain. Ada sekitar 55 bangunan miniatur di Zona Mini Siam ini.

Miniatur Replika Grand Palace

Kurang lebih butuh waktu 1 jam untuk bisa melihat-lihat semua minatur di dalamnya, sebelum akhirnya keluar. Kalo merasa lapar dan pengin makan, persis di sebelah Mini Siam ini ada resto cepat saji, Mc Donalds. Tujuan kita berikutnya adalah nge-Mall di daerah South Pattaya, dimana terdapat beberapa mall yang cukup besar seperti Royal Garden Plaza, Mike Shopping Mall, Central Festival Pattaya. Royal Garden Plaza merupakan mall pertama yang akan saya kunjungi, karena di mall ini terdapat "Ripley Believe It Or Not", untuk transportasi kali ini saya menggunakan taksi.

Royal Garden Plaza

Kebanyakan taksi di Pattaya selalu menolak permintaan calon penumpang untuk menggunakan argometer, jadi tawar aja serendah mungkin. Taksi pertama lewat di depan gerbang Mini Siam, dan seperti asumsi saya semula, sopirnya gak mau, setelah saya minta supaya pake argo aja, sopirnya pasang harga THB250, dari Mini Siam menuju Royal Garden Plaza (jarak sekitar 7 km), saya tawar THB100, eh gak mau dan tetep ngotot minta THB250, ya udah , taksi kedua datang dan pasang harga THB200, masih sama ditawar THB100 kagak mau, akhirnya kita mengalah dech kita tambahin jadi THB150, deal. Begitu masuk dan duduk manis, saya perhatikan interior taksi ini, ternyata argometer taksinya memang ada dan sengaja ditutupin.

Rute nge-Mall dari MiniSiam

Perjalanan kurang lebih 15 menit, dan tampaknya si sopir tahu kalo tujuan kami ke Royal Garden Plaza, adalah mengunjungi "Ripley Believe It Or Not", jadi selama perjalanan mulailah cuap-cuap mengobral rayuan maut dengan menawari paket-paket tiket masuk ke "Ripley Believe It Or Not", saya cuekin aja meski dia bersikukuh bahwa harga tiketnya lebih murah ketimbang beli on the spot. Royal Garden Plaza ini, memiliki ciri khas di atas gedungnya ada pesawat terbang yang nangkring seolah-olah menabrak gedungnya dan balon udara bertuliskan "Ripley Believe It Or Not".

Royal Garden Plaza

Suasana Royal Garden Plaza ini cukup modern, bersih dan nyaman, di bagian atrium bawah ada air mancur yang unik, karena air mancurnya meluncur dari satu sisi ke kesisi lain, dan kalo kita berjalan di tengah-tengahnya, dijamin tidak akan basah. Anak-anak akan senang bermain-main sebentar dengan air mancur ini, sambil kita duduk-duduk. Saya coba menghampiri Meja Informasi, disitu banyak tersedia brosur tentang mall ini, termasuk ada brosur yang isinya voucher diskon untuk pembelian tiket masuk ke wahana-wahana atraksi "Ripley Believe It Or Not".

Air mancur "Believe It or Not"

Ripley Believe It or Not terletak di Lantai 2 Royal Garden Plaza, Pattaya, merupakan wahana atraksi indoor, buka setiap hari mulai jam 11.00 Am - 11.00 Pm. Naik escalator ke lantai 2 akan menjumpai konter-konter atraksinya, tidak terlalu banyak, cuman ada 8 macam permainan saat itu. Atraksi utama hiburan ini adalah museum Ripley’s Believe It or Not! yang berisi hal aneh-aneh tapi di klaim bener-bener ada, seperti Replika Kapal Titanic yang dibuat lebih dari 1 juta korek api. Ada bioskop "4D Moving Theater" yang sudah cukup umum selalu ada di dalam setiap Theme Park dimana-mana saat ini, hanya beda tema film aja.

Kereta Hantu

Berikutnya ada Ripley Haunted Adventure" atraksi petualangan rumah hantu. Ada juga museum wax yang mirip Madame Tussauds, namanya Louis Tussaud's Waxworks". Di dalamnya terdapat 68 model selebriti internasional dan Thailand, dan dibagi menjadi 9 zona. Berdasarkan info masih lebih bagus Madame Tussauds, jadi kita nggak masuk. Cukup berfoto ama "sample"-nya aja yang di ada diluar museum.

Bergaya Ala Patung Lilin

Ada kejadian lucu, saat saya sedang berpose foto bareng "joker" (musuh bebuyutannya Batman) dan saya sedang "freeze" (diam kayak patung lilin), lantas melintas sepasang turis lain, dia mengira saya juga patung lilin betulan , jadi ketika mau berdiri di sebelahnya Joker juga untuk ambil foto, dan saat itu saya bergerak, dia-nya kaget, pikirnya patung lilinnya kok hidup ha..ha..ha. Harga tiket masuk permainan di komplek "Ripley" ini berkisar THB250 - THB500 per orang, cukup mahal untuk seukuran tempat atraksi kecil seperti ini.

Permainan Laser Maze

Mike Shopping Mall

Setelah puas melihat-lihat aja, kita turun kembali ke lantai dasar dan keluar menuju pintu mall yang menghadap pantai, lalu bergeser sedikit ke sebelah kanan sehingga ketemu Mike Shopping Mall, sebelum masuk ke dalam mallnya, eit ternyata Iron Man juga lagi jalan-jalan di Pattaya dan sempet-sempetnya mejeng di depan Mike Shopping Mall, ya udah kita ajak berfoto sekalian xi xi xi. Setelah itu kita masuk ke dalam mall ini, namun suasana di mall ini agak berbeda dan kurang dingin AC nya. Selain itu konter-konter tokonya juga kurang menarik, namun menurut info kalo belanja-belanja yang murah di Pattaya, katanya di Mall ini. Mengingat kita masih akan ke Mall terbagus di Pattaya, hari sudah sore menjelang malam dan perut sudah minta diisi, jadi kita bergegas berjalan keluar mall ini menuju pintu keluar yang membelakangi pantai.

Si Iron Man lagi ngapain di Pattaya nich

Central Festival Pattaya

Setelah keluar dari Mike Shopping Mall, kami berjalan belok ke arah kiri, sekitar 5 menit sudah tiba di Central Festival Mall. Central Festival Pattaya merupakan kompleks perbelanjaan internasional terbaru dan terbesar di kawasan Timur Thailand. Bangunan mall 7 lantai yang berisi lebih dari dari 200 gerai busana premium.

Penampakan Central Festival Mall

Pelataran Central Festival Mall

Mall yang satu ini memang paling bagus dan terbesar dari ketiga mall yang sudah dikunjungi. Restoran dengan makanan bermutu banyak tersebar di mall ini, berhubung tujuan kita kesini untuk makan di restoran yang dilayani oleh robot karena perut sudah mulai bernyanyi minta diisi juga, maka kita langsung naik eskalator untuk menuju lantai 5, dimana terdapat deretan konter-konter restoran.

Replika Makanan yang Dipajang di salah satu Gerai Restoran

Di lantai 5 sebelah ujung, akhirnya kita menemukan restoran Jepang yang kita cari, "Hajime Robot Restaurant", awalnya ragu memasukan restoran ini dalam daftar itinerary karena keberadaannya di Pattaya tidak jelas. Menurut situsnya, Restoran Robot Hajime ini memiliki 3 gerai, yaitu di Jepang, di Bangkok dan di Pattaya, dan dari informasinya, gerai restoran ini yang di Bangkok cukup ramai sekali, bahkan kalo mau makan harus reservasi dulu, kalo tidak gak akan mendapat tempat duduk. Beruntung ternyata di cabang Pattaya ini, restorannya ternyata buka dan tidak perlu ngantri lama, jadi langsung aja kita booking tempat dengan pilihan makan sepuasnya. Restoran ini juga mengklaim, satu-satunya restoran di Asia Tenggara yang pelayannya menggunakan robot, cukup unik dan menarik memang.

Si Robot Pelayan bersiap mengirim makanan

Di restoran ini ada 2 paket menu pilihan, semuanya "Maem Sepuasnya", yaitu "Shabu Beef and Vegetable" dan "BBQ Beef and Vegetable", Kalo ingin merasakan pelayanan dari si robot harus pilih menu "BBQ Beef and Vegetable". Di masing-masing meja akan terdapat monitor kecil dengan layar sentuh, jadi dari monitor itu kita pilih bahan-bahan mentahnya seperti sayur, irisan daging, ikan, jamur dan lain-lain, selain itu juga terdapat wajan karena sifatnya adalah memasak sendiri. Setelah pesanan bahan-bahan dimasukkan, nantinya si robot akan datang ke meja kita dengan memberikan bahan-bahan sesuai pesanan kita. Untuk makanan tambahan seperti sushi, aneka agar-agar, atau roti kecil serta minuman, kita bebas mengambilnya sendiri.

Pesanan cukup disentuh

Diantar oleh si Robot dan siap diterima

Dinner ala Chef dadakan

Puas rasanya makan di restoran robot ini selain terhibur dengan pelayanan si robot, apalagi ketika sudah selesai mengantarkan pesanan, ternyata si robot sekali-sekali bisa melakukan gerakan tarian "Gangnam Style" dengan diiringi musiknya "PSY" yang lagi ngetop saat ini, wow....bener-bener keren dan terhibur . Sebelum kembali ke hotel kita menyempatkan untuk melihat-lihat di seputaran mall Central Festival ini, terutama di halaman depan dari mall ini, ramai sekali orang-orang pada Hang Out" menambah suasana malam semakin meriah, namun kita masih punya acara lagi jadi tidak bisa berlama-lama disini, akhirnya kita bener-bener balik ke hotel agar anak-anak bisa beristirahat. Kita balik menggunakan Songteow, karena jalan menuju hotel hanya lurus-lurus saja, jadi cukup naik Songteow sekali.

Bali Hai Pier

Tiba di hotel, kita beristirahat sebentar, sambil meninabobok-kan anak-anak. Sengaja kita tidak membawa anak-anak ditujuan berikutnya "Bali Hai Pier", karena berdasarkan hari sebelum-sebelumnya, angin di pantai Pattaya ini bertiup cukup kencang apalagi malam hari, dari pada masuk angin, selain itu untuk menuju Bali Hai Pier ini, akan melewati "Walking Street", yang ternyata merupakan kawasan lampu merahnya Pattaya (Red LIght District).

Pesona tulisan Pattaya City dengan Restoran terapungnya

Dari samping hotel, ada jalan kecil untuk mencapai pantai Pattaya, cukup jalan kaki menyusuri jalan kecil ini, setelah tiba di pantainya terlihat dengan jelas di kejauhan tulisan gede "PATTAYA CITY" yang khas, menyala dengan warna lampu yang berganti-ganti. Untuk mencapai Walking Street kita mencegat songteow yang lewat dan yang sudah ada isinya, selalu pilih songteow yang sudah ada penumpangnya. Songteow akan berjalan sepanjang jalan "Beach Rd", hingga mencapai ujung, yang bertanda "Walking Street", kira-kira 10 meter sebelum sampai di ujung, kita minta berhenti karena suasana bener-bener macet, jadi lebih baik turun dan jalan kaki akan lebih cepat, karena sudah dekat juga.

Rute menuju Bali Hai Pier

Di sepanjang Walking Street, hanya diperkenankan jalan kaki, kendaraan tidak boleh masuk sejak pukul 06.00 PM  hingga 2.00 AM, memasuki area ini, terdengar dentuman musik kanan kiri, tapi jangan membayangkan sebagai tempat jalan-jalan untuk melihat-lihat aneka makanan atau barang-barang souvenir semacam pasar malam, sebaliknya sepanjang jalan walking street ini berisi deretan pub-pub, klub-klub malam, diskotik, dan sebangsanya layaknya tempat dugem. Satu hal yang saya lihat, keberadaa kegiatan mereka ini cukup tertib, dan meski menjajakan kepada pejalan-pejalan kaki yang lewat, tapi tidak ada unsur untuk memaksa. Di samping itu adanya keberadaan polisi turis yang berjaga-jaga dengan mobil golfnya, uniknya yang jadi polisi turis ini seorang bule. Sungguh miris juga, ketika itu berpapasan dengan sekeluarga turis dari asia, kok ya membawa anak-anak kecilnya jalan-jalan  dikawasan seperti ini.

Jalan menuju Walking Street

Sampai di ujung dekat dermaga Bali Hai, kita berhenti sejenak untuk menikmati pemandangan pantai Pattaya di malam hari, terlihat pula ada restoran apung (Floating Seafood Restaurant), ada dua kapal dengan hiasan lampu-lampu yang cukup menawan, yaitu "Oriental Star" dan "Oriental Moon", masing-masing dengan menu berbeda. Saya sendiri tidak mencobanya karena sudah kenyang sejak makan sepuasnya di restoran robot.

Dari dermaga Bali Hai ini, kita juga bisa mengunjungi Ko Larn atau Coral Island, sebuah pulau kecil yang terletak beberapa mil dari pantai Pattaya, untuk turnya sendiri bisa coba cek disini. Sebenarnya pengin juga sih melihat dari dekat, tempat dimana tulisan "PATTAYA CITY" berada, sayangnya kaki sudah capek jadi setelah puas melihat-lihat, kita balik kandang menyusuri walking street dan balik ke hotel, setiba diujung jalan masuk walking street, jalan kaki berbelok ke kanan hingga ujung jalan (traffic light) dan belok kiri, lalu nunggu songteow nan murah meriah lewat , sekali lagi naik songteow cuman THB10 (3500 Rupiah), dan perjalanan balik songteow akan menyusuri jalan "Pattaya 2nd Rd", hingga persis di depan hotel lalu pencet belnya untuk berhenti dan turun. Eksplorasi hari ini berakhir sudah, bener-bener capek habis dan puas.

19 Jejak Komen
  • Ermelya

Sat 21 Apr 2018, 8:18am
    Dari terminal Pattaya saya mau ke frost magical dan ke mini Siam. Mana yg lbh dkt dulu dan naik apa? Terima kasih

• Yzvur

Mon 23 Apr 2018, 4:31am
      Mini Siam lebih dekat Terminal Pattaya, diblog sudah sy tulis cara ke Mini Siam dari Terminal Pattaya.

untuk Frost Magical, karena tempat wisata relatif baru, saya belum pernah ke sana, btw tempatnya lumayan jauh dari Mini Siam / Terminal Pattaya, lebih baik akses dengan taksi.

Tiket masuk ke Frost Magical lebih baik beli disini karena lebih murah daripada on the spot.

• yenny

Fri 11 Mar 2016, 19:25pm
    Mas blognya komplit. 2 thumbs up utk keramahn responny.
    Mau nanya donk tiket bus pattaya phuket brpan?

Sat 12 Mar 2016, 12:01pm
      Thank you atas jempolnya :) , tiket bus pattaya phuket skitar THB920/orang

• fitriani

Mon 26 Jan 2015, 6:41am
    menarik sekali fr-nya'
    saya mau tanya, angkutan shongthewnya beroperasi sampai jam berapa?
    dan klu charter taxinya maximal berapa jam?

Fri 30 Jan 2015, 9:29am
      @Fitriani

tq atas komennya, sampai subuh pun shongthewnya msh beroperasi dan charter taxinya tidak ada durasi maximal tgt yg nyarter

• edy

Sun 7 Sep 2014, 19:03pm
    sgt di sayangkan tak jadi ke phuket, pd hal mau liat history travel nya

Tue 9 Sep 2014, 4:39am
      @edy

Tunggu dikesempatan lain bro :D

• klarisa

Sat 5 Jul 2014, 6:52am
    bisa tolong jelaskan cara ke teddy bear museum dari ibis hotel pattaya? dan reviewnya sedikit saya cek di internet tidak lengkap. terimakasih :) nice website anyway

Wed 09 Jul 2014, 9:37am
      Hi klarisa

Keluar dari hotel ibis jalan ke arah kanan hingga ketemu hotel Sabai Empress dan samping hotel ini ada jalan kecil Soi1, susuri aja jalan ini ke arah pantai hingga ujung jalan dan ketemu bangunan Markland Village, lokasi teddy bear ada didalamnya

Review waktu disana masih baru buka dan harga tiketnya B500/org dan B300/anak, menurut saya termasuk mahal hanya u/ melihat boneka :D.
      coba cek Thailand Day Trips Attraction, saya pernah mendapatkan harganya lebih murah (THB 200 saja u/adult dan THB 120/anak) drpd beli on the spot

• nuni

Wed 23 Apr 2014, 9:46am
    mohon info kalau nginep di hard rock hotel, tempat wisata yang paling dekat dan tidak terlalu jauh apa aja yah?
    mohon info transportasinya, thx

Wed 30 Apr 2014, 15:29pm
      Hi Nuni
      hard rock hotel terletak di dekat dengan Central Pattaya Rd, jadi masih dekat ke Art in Paradise, Teddy Bear Museum, Alcazar Show, Tiffany Show, Rippley Believe it or Not, Mall Central Festival.

u/ transportasinya naik songteow cuman aja , murah meriah :D

• rirawatya

Fri 17 Jan 2014, 6:07am
    berkat info komplit dari wisata keren, liburan keluarga ke pattaya dan bangkok selama 7 hari suksesss !! alhamdulillah anak-anak senang, terima kasih ya, smoga wisata terus, keren teruusss :-)

Sun 19 Jan 2014, 10:48am
      Hi Rirawatya
      Saya turut senang jika info yang dipaparkan bisa bermanfaat bagi liburan anda, salam keren dech :D

• Belly

Fri 17 Jan 2014, 3:17am
    itu terjamin berlaku gag sih klo beli tiket MiniSiam via hotel2thailand nanti pas di tempat bukti'ny nunjukin apa yah biar valid masuk ny?

Sun 19 Jan 2014, 10:44am
      Sudah beberapa kali pake layanan tsb dan 100% berjalan mulus, bukti konfirmasinya wajib diprint out sebagai bukti untuk tukar tiket masuknya

• Ofi-bdg

Sun 1 Dec 2013, 5:51am
    Sesuai dg namanya..wisata keren! Saya akan ke pattaya bangkok 1-7 januari 2014 dg istrinya dan 3 anak.. Tulisan ini akan saya jadikan referensinya..ditunggu cerita hari2 di bangkoknya segera..URGENT hhehe

Mon 2 Dec 2013, 2:29am
      Hi Ofi, terima kasih sudah mampir kemari

• johan

Fri 27 Dec 2013, 19:25pm
      Sy jua mau me bangkok..Dan rencana mau ke pattaya Dari bangkok pp tgl 3 Jan 14....mau ikut bareng sewa van gak ? Sy dgn istri Dan 1 anak

Ninggalin Jejak

(opsi : Isikan link web-mu jika ada)

Ikuti jejak komentar via email (Subscribe)