Wisata Keren

User Online : 2







Sponsor

27
May

Johor Premium Outlets dan Danga Bay #Day 3

Mon 27 May 2013, 10:08am

145
pesan hotel murah

   Saking lelahnya seharian penuh bermain di Legoland tidak terasa hari ini kami bangunnya agak molor, kami sempatkan sarapan dulu di hotel, tidak banyak variasi menu yang disediakan tetapi berhubung sarapannya termasuk gratis ya... disantap aja meski menunya masih nasi goreng dan nasi goreng lagi. Wah padahal masih banyak "street food" yang semalam terlewatkan di seputaran jalan Meldrum yang rekomended lho .. untuk dicoba. Saya coba ulas siapa tahu, anda bisa mencicipi dan menjadikan target wisata kuliner, beberapa diantaranya :

 

Peta kuliner seputar Meldrum Walk

 

1. Annie's BBQ Chicken

   Jika menyusuri Jalan Meldrum selepas pk 17.00, tepatnya di belakang hotel Meldrum (No. 1 di peta), tentunya akan menemui kedai penjual ayam bakar BBQ ini, dikatakan sudah 20 tahun lebih kedai ini berjualan ayam bakar dan cukup terkenal juga. Untuk rasa bisa dicicipi sendiri, jangan lupa share komentarnya setelah mencicipi .

 

Rekomendasi  Ayam Bakar (credit to "blog Johor Kaki")

 

2. Dendeng Panggang Ala Bee Cheng Hiang

   Masih di seputar jalan meldrum, juga terdapat toko yang menjual dendeng panggang, dendeng yang cukup populer di Singapore ternyata ada juga di sini (No. 2 di peta), dengan harga yang jauh lebih murah cocok buat oleh-oleh nich karena rasanya benar-benar mantap.

 

Gerai jual dendeng panggangnya baru buka di pagi hari

 

3. Restoran Ya Wang

   Resto ini terkenal dengan aneka masakan bebek termasuk bebek panggangnya, terletak di Jl. Segget no. 28, Johor Bahru (No. 3 di peta), masih tidak terlalu jauh dari JB Sentral untuk dikunjungi asal tidak melewati jam buka pukul 08.00 - 18.00 waktu setempat.

 

Maskot Bebek Panggang sebagai pengenal

 

  Bagi yang suka sekali mengunjungi bangunan cagar budayanya (landmark) Johor Bahru, selain gedung bekas stasiun kereta api dekat JB Sentral, bisa meluangkan waktu untuk mampir disalah satu landmark terkenal lainnya dan masih dalam jangkauan jalan kaki, yaitu "Sultan Ibrahim Building" (Lihat rute L1). Gedung ini dulunya merupakan gedung Sekretariat Negara bagian Johor yang sekarang dipindah ke Kota Iskandar, yang terletak di Jalan Bukit Timbalan, dibangun di antara Tahun 1936 dan 1939.  Arsitekturnya merupakan penggabungan antara kolonial Inggris dan Melayu. Gedung ini dibuka untuk umum dari Pk 8.00- 17.00 (Senin - Jumat) dan masuknya gratis.

 

Bangunan Sultan Ibrahim

 

Rute dari JB Sentral ke Gedung Sultan Ibrahim (L1)

dan Gereja Katholik Roma (L2)

 

   Selain itu juga bisa mengunjungi tempat-tempat religi seperti gedung Gereja Katholik Tak Bercela (Roman Catholic Church of the Immaculate), yang letaknya di jalan gereja, seputaran jalan Wong Ah Fook juga, dengan berjalan kaki sekitar 10 menit (Lihat rute L2). Gedung gereja berwarna krem, merupakan salah satu gereja Katholik Roma utama dan bangunan tertua di Johor Bahru yang dibangun dalam gaya kolonial Inggris tahun 1883.

 

Gereja Katholik Roma tertua di Johor Bahru

 

   Setelah sarapan, dan check out hotel karena ini hari terakhir di Johor sebelum pindah ke menuju Singapore, semua tas kami titipkan dulu di resepsionis hotel, agenda jalan jalan akan melanjutkan menuju Johor Premium Outlets (JPO), surganya para pecinta belanja barang berkualitas. Untuk menuju ke JPO, transportasi yang digunakan masih sama dengan menggunakan bis Causeway Link namun dengan tanda JPO1, dan untuk naik bis ini menunggunya masih di halte yang sama dengan bis ke Legoland. Jadi saya kembali menuju ke JB Sentral seperti kemaren. Setalah membayar RM 4.5 (Dewasa) dan RM 2.3 (Anak-anak), kami naik dan sesuka hati duduknya berhubung yang menumpang cuman kami saja plus seorang penumpang lain, Lagi-lagi bisnya cukup baru dan nyaman, akhirnya jam 10.55 bis sudah berangkat.lama perjalanan sekitar 1 jam.

 

Saking kosongnya Bis JPO1 ini - Anak Saya Bisa Tiduran di dalam Bis

 

   Perjalanan menggunakan bis melewati Jalan Skudai di pesisir teluk danga dan sempat melewati tempat wisata Danga Bay yang semalam tidak kesampaian untuk dikunjungi. Sekilas tentang Danga Bay, merupakan obyek wisata di tepi teluk Danga, berada sekitar 7 km dari JB Sentral. Saat ini sedangkan dikembangkan untuk menjadi jujukan wisata resort di Johor Bahru. Ke depannya akan banyak hotel dan apartemen menghadap teluk yang sedang dibagun. Danga Bay buka dari Pk. 15.00 hingga tengah malam. Disini terdapat restoran internasional dan Mall terbuka - Danga Festive Street Mall. Jika berkunjung sebaiknya menjelang petang, tempat ini bermandikan cahaya lampu, bisa melihat kapal pesiar (Cruise) yang juga bermandikan cahaya, terdapat pula taman bermain (Theme Park) berisi sekitar 20 wahana permainan untuk anak-anak yang mirip pasar malam. Selain itu ada pertunjukan binatang (Danga World Petting Zoo), dengan bayar tiket RM 10 (Dewasa) dan RM 5 (Anak-anak).

 

Seputaran Danga Bay

 

   2 Kapal Pesiar disediakan yaitu Speedboat Cruise dan Danga Cruise 8. Speedboat akan membawa ke dermaga di sebelah gedung Marina Club, Singapura-Johor causeway pulang pergi dengan biaya RM 10 (dewasa) dan RM 5 (anak-anak) untuk durasi pelayaran selama 25 menit dan tersedia setiap jam. Sedangkan Danga Cruise 8, kapal pesiar yang lebih besar melakukan pelayaran yang sama tetapi termasuk makan malam prasmanan di atas kapal triple-dek, dengan biaya RM 50 / orang dan hanya tersedia pada hari Jumat, Sabtu dan Minggu. Pelayaran dimulai pukul 16.00.

 

Danga Bay Cruise

 

   Setelah melewati perkebunan kelapa sawit, akhirnya tiba juga. Johor Premium Outlets terletak daerah Kulaijaya, di dalamnya terdapat 80 gerai desainer ternama, selalu memberikan diskon 25% - 65% setiap harinya. Dibuka untuk pertama kali tanggal 11 Desember 2011. Namun ada fakta menarik yang disampaikan para "Shopalholic" dari Singapore (seperti yang terlansir di wikipedia) bahwa diskon yang diberikan masih kurang banyak jika dibanding dengan outlet serupa di Amerika atau Eropa, nah lho.

 

Penampakan Johor Premium Outlet

 

   Mall yang terdiri 2 lantai ini dibangun dengan konsep semi tertutup, sehingga kondisi udaranya lumayan panas dan kering, pengunjungnya pun hanya sedikit, jadi jangan lupa bawa minum air putih yang banyak. Memang toko-toko yang ada menjual barang-barang premium semua.  Dalam tempo tidak sampai 1 jam, kami sudah mengelilingi semua toko di semua lantai.

 

Suasana Lantai Dasar

 

 

Eskalator Menuju Lantai 2

 

   Suasana dilantai 2 pun tidak jauh berbeda dengan lantai 1, ada fasilitas playground untuk bermain bagi anak-anak kecil. Ketika makan siang tiba, kami mencoba makan di restoran Taang Shifu yang ada di lantai 2, yang menjual masakan herbal, dan masakan yang disajikan cocok banget untuk membuat stamina menjadi fit kembali. Puas mengelilingi semua toko yang ternyata diskonnya memang kurang banyak ini, saya bergegas kembali ke halte bis karena bis yang akan mengantar kembali ke JB Sentral selalu tepat waktu dan interval penjemputannya 2,5 jam, jadi harus benar-benar diperhatikan kalo tidak mau ketinggalan bis.

 

Sup Herbal - Menu Makan Siang

 

   Sekitar jam 14.55 bis sudah berangkat kembali menuju JB Sentral, mengikuti jalan yang sama seperti ketika berangkat. Begitu tiba di JB Sentral, byur...byur.... hujan deras mengguyur, beruntung jalan pedestrian menuju kembali ke hotel tidak melalui ruang terbuka dan bisa lewat masuk mall city square, jadi tidak menjadi masalah meski hujan deras mengguyur. Setelah mengambil koper, kami kembali menuju JB Sentral, melalui mall City Square, di dalam mall ini saya mampir untuk makan di gerai KFC untuk coba tastenya, ternyata ada beda dikit dengan KFC Indonesia. Selesai makan, berlanjut menyeberang jembatan pedestrian menuju JB CIQ lagi (arah berbalikan dengan ketika datang), di imigrasi Malaysia antrinya lumayan karena menjelang malam rupanya arus yang ke Singapore banyak juga, tok paspor beres, lalu turun ke lantai 3.

   Lantai 3 ini merupakan haltenya bis-bis untuk menyeberang menuju Woodland Checkpoint, pilih antri di bis Causeway Link lagi (CW1 atau CW2) karena jelas ongkosnya lebih murah (cuman RM 1), dibandingkan harus naik SBS Transit yang menggunakan Dollar Singapore meskipun sama-sama bayar 1, tp beda kurs. Setelah bayar karcisnya jangan lupa untuk disimpan.

 

Tiket bis dari CIQ ke Stasiun Kranji

 

   Bis membawa kita menyeberang menuju Woodland Checkpoint, begitu turun langsung ikuti arus orang untuk naik ke lantai 2 tempat Imigrasi Singapore dan isi kartu embarkasi lagi, berhubung sudah saya isi sebelumnya, jadi tinggal antri aja. Ketika tiba giliran paspor akan distempel, petugasnya menanyakan berapa hari akan "stay" di Singapore dan menanyakan tiket pesawat kepulangan dari Singapore. Sempat kaget juga, karena berkali-kali lewat imigrasi, baru kali ini petugasnya agak rewel dengan meminta tunjukin tiket pesawat segala. Sempat butuh waktu mencari-cari dalam tas yang saya bawa yang terlanjur digembok. Ya, akhirnya ketemu juga dan saya perlihatkan "booking reference" nya tiger yang sudah saya print out sebelumnya dan beres, paspor langsung dicap. Urusan Imigrasi tuntas, langsung ikut arus lagi  turun ke lantai 1, dan mengantri di lajur bertanda "CW1", nah disinilah karcis bis (yang saya suruh simpan) diminta untuk ditunjukkan oleh kondekturnya. Bis Causeway Link CW1 ini akan mengantar menuju Stasiun MRT Kranji, karena dari sini saya akan melanjutkan perjalanan menggunakan MRT menuju Stasiun MRT Liitle India, daerah dimana hotel saya menginap.

 

Pilih lajur antrian CW1 - Kranji

 

Bis Berhenti persis di depan Stasiun MRT Kranji ini

 

   Untuk menuju platform MRT, dari depan Stasiun Kranji ini jalan lurus dan belok kiri dan kiri lagi (putar balik) dan naik eskalator ke atas. Tunggu MRT yang arah ke Marina Bay, karena akan turun di Stasiun Dhoby Ghaut untuk berganti MRT menuju Stasiun Little India.

 

Rute MRT Dari Kranji (NS7) ke Little India (NE7)

 

   Perjalanan MRT kurang lebih 50 menit untuk mencapai Stasiun MRT Little India. Biaya yang dikeluarkan untuk naik MRT SGD 1.99 dengan menggunakan kartu EZ-LINK. Begitu keluar dari Stasiun, saya bergegas jalan kaki sekitar 10 menit menuju hotel tempat menginap. Cek in hotel berjalan mulus dan akhirnya ekplorasi hari ini terselesaikan, sebelum bobok kami mampir dulu di gerai makanan seputar hotel untuk "Dinner".



145 Jejak Komen
  • Lina

    Thu 2 Feb 2017, 17:42pm
    Halo.. salam kenal..
    Februari pertengahan ini saya mau ke JB ~ sing ~ KL
    Day 1 di Johor
    Day 2 di Johor
    Day 3 di Singapore
    Day 4 dari singapore sore menjelang malam menuju ke johor untuk naik sleeper train tengah malam ke KL (karena kurs nya lebih murah klo naik dari johor)
    Yang mau saya tanyakan nanti saya kan dari singapore daerah marina bay ato sekitaran USS gt.. nanti ke johor nya naik apa dan dimana saya harus naik?rencana saya sekitar jam 6-7 malam. . Tujuannya langsung nunggu sleeper train di johor nanti turunnya dimana? Tolong dibantu ya..makasih banyak

    Merespon

    • Yvzur

      Fri 3 Feb 2017, 15:21pm
      Hi Lina salam kenal juga

      Dari Marina Bay bisa naik MRT tujuan Stasiun Kranji, turun kranji bisa ikuti spt di blog untuk sampek ke JB Sentral.

      atau bisa juga naik Bis dari Queen Street turunnya juga di Kranji.

      Merespon

  • novie

    Thu 19 Jan 2017, 12:24pm
    hallo om yvzur mau tny nih misalnya dari hello kitty town mau pergi ke jpo ato danga bay gmn ya? bisa langsung tidak? atau mst kembali ke JB sentral lagi?

    Merespon

    • Yvzur

      Fri 20 Jan 2017, 11:01am
      @novie
      Dari Hello kitty town bisa naik bis causewaylink JPO2 langsung menuju ke Johor Premium Outlet. Kalo mau ke danga bay naik yg LM1 turun di depan Tune Hotel Danga Bay

      Happy Traveling

      Merespon

  • Leny sutjipto

    Mon 12 Sep 2016, 15:54pm
    Hallo mas tq ya panduan web ini sgt membantu. Liburan lebaran 2016 sy k johor
    Sy mo berbagi pengalaman sy.
    1. Utk resto n stall hawker pd tgl 6.7 sebagian cukup banyak yg tutup, tp jgn khawatir cari makan ga sulit cukup banyak yg buka, dan pd tgl 8 mrk sdh buka berjualan lg.
    2. Utk transport atr jb sentral n ksl mall ada shuttle bus cw S1 bayar RM1.5.
    3. Utk cari duren musangking. D2 dll ada di ksl mall d lantai 1 n didepannya.
    4. Utk ksl apartemen cukup memuaskan hanya tdk dibersihkan setuap hari hanya ktny pd hari k 3 baru dibersihkan ( sy ambil 2 malam jd ga dibersihkan tuh ruangan hehehe). Ruangan besar ada dapur, alat masak alat makan ,meja mkn, ruang tengah, kamar mandi 2 , ada kolam pribadi di belakang. Lobi misah di sebrang jalan utk lewat parkir mobil. (Kayanya kamar diisi orang lebih jg gpp sama sekali ga diperhatikan hehehe). Nah Utk Hotel Bello ruangan sempit lemari meja model jadul harga lebih mahal dr citrus, tp cukup bersih dan di pintu kamar ada tulisan utk bersihkan ruangan kena biaya RM100. ( jd sy ga nyuruh bersiin kamar tuh hehehe) pemandangan d jendela sampah di atas genteng rumah kumuh yg ga layak membuat supek tinggal d kamar n di lobi hanya ada sofa 1bh utk 2 org persis di depan meja recetionist jd ga enak khan nongkrong d situ.
    5. Utk makanan sekitar meldrum sup kambing. Ikan bakar . Bbq chicken wing, dimsum,makanan melayu n india leker jg tuh. Nah mas klo hotel citrus bersih ga dan mengecewakan ga? Tolong balas ya mengenai citrus. Buat rencana lebaran taun depan sy mo k johor lg. Klo ga mengecewakan sy mo ambil citrus hotel . Tq

    Merespon

    • Yvzur

      Tue 13 Sep 2016, 12:19pm
      Wuih keren reportnya sis, tq ya :)
      hotel citrus ketika saya menginap sich bersih, untuk reviewnya coba klik di menu review hotel, itu foto kondisi kamar hotel ketika saya menginap.

      Merespon

  • Leny

    Wed 2 Mar 2016, 20:12pm
    Mas Yvzur klo bus dr jb sentral ke jpo berhenti di bus stop kawasan jpo nya jauh ga ke pintu masuk jpo? Ada shuttle bus dari jb sentral ke danga festive sfreet mall ga?

    Merespon

    • Yvzur

      Thu 3 Mar 2016, 18:42pm
      Bis stop didalamnya JPO, ke pintu masuknya JPO tinggal ngesot :) don't worried.
      Shuttle bus dari jb sentral ke danga gak ada, naik bis publik biasa

      Merespon

  • Salmida pakpahan

    Tue 19 Jan 2016, 12:07pm
    Saat ini adakah outlet yg sale di jpo nya.tks

    Merespon

    • Yvzur

      Fri 22 Jan 2016, 10:28am
      Sepertinya setiap hari bbrp outlet JPO selalu SALE, untuk lebih detil anda bisa buka situsnya

      Merespon

  • Yos

    Sat 2 Jan 2016, 19:12pm
    Terima kasih atas uraian infonya ... :)
    Oya kalo mau pulang pergi pagi sore dari Singapur JB, jadi pagi dari JB ke Sing, kemudian sore pul dari Sing ke JB dan begitu seterusnya setiap hari ( selama 4 hari ), apakah ada masalah waktu melewati imigrasi ?
    Karena sy ada rencana main di Singapura, tapi ngnapnya di JB ( karena lbh murah hotelnya )

    Terima kasih ...

    Merespon

    • Yvzur

      Sat 2 Jan 2016, 23:01pm
      imigrasi tidak menjadi masalah, yg mjd masalah ya repotnya wira wiri dan pasti capek apalagi sepulang dr jalan jalan di SGP, tp kl enjoy - why not :)

      Merespon

  • ema

    Wed 30 Dec 2015, 16:04pm
    maaf mau nanya,kalau dari hotel.meldrum ke danga bay jauh ngk?trus kalau mau ke legoland jauh ngk ya.makasih mhn infonua

    Merespon

    • Yvzur

      Sat 2 Jan 2016, 22:43pm
      dr meldrum ke danga bay sekitar 10 menit naik bis, kl ke legoland kira2 45 menit

      Merespon

  • Feby

    Sat 14 Nov 2015, 21:19pm
    mas..mau dong info rental mobil nya..
    saya rencana dari singapur mau ke kuala lumpur. tapi mampir dl ke factory outlet premium :D
    rate nya kira2 berapa yaa..
    thanks info nya mas..

    Merespon

    • Yvzur

      Wed 18 Nov 2015, 22:58pm
      maaf sis, ngga punya info rental mobil, secara kami selalu menggunakan moda transportasi publik kalo jalan-jalan

      Merespon

  • santi

    Sat 14 Nov 2015, 18:11pm
    nice info..saya rencana liburan KL-JB-SING..mau setelah kita nyampe di woodland beli Kartu EZ Link nya dimana dan dimana bisa dapatin formulir EMBARKASI (biar nga perlu ngisi lagi)? tks before

    Merespon

    • Yvzur

      Wed 18 Nov 2015, 22:55pm
      Disetiap stasiun MRT tmsk St. Woodland tsb, ada konter untuk topup Ezlink, bisa beli disitu.
      Formulir EMBARKASI ambil di meja yg disediakan untuk nulis formulir embarkasi di area chek-in imigrasi.

      Merespon

  • Agung

    Mon 31 Aug 2015, 16:55pm
    Hallo mas,
    Sy mo ke singapura sept ini, tapi tmn" minta main sebentar ke johor bahru.
    Kami sampai di changi jam 9an, apa bisa kami mengunjungi legoland n hello kitty town dan balik ke singapura jam 1?
    Mas tolong info ttg jadwal dan rute bus yg bisa kami naiki selama di johor bahru.
    terimakasih.

    Merespon

    • Yvzur

      Tue 1 Sep 2015, 20:15pm
      Hallo Agung
      bisa saja, btw balik jam 1 siang atau malam ?
      jadwal bis bisa ikutin aja di blog

      happy traveling

      Merespon


Ninggalin Jejak





 (opsi : Isikan link web-mu jika ada)



     Ikuti jejak komentar via email (Subscribe)

Kode Sekuriti