Wisata Keren

27
May

Johor Premium Outlets dan Danga Bay #Day 3

Mon 27 May 2013, 10:08am

63

   Saking lelahnya seharian penuh bermain di Legoland tidak terasa hari ini kami bangunnya agak molor, kami sempatkan sarapan dulu di hotel, tidak banyak variasi menu yang disediakan tetapi berhubung sarapannya termasuk gratis ya... disantap aja meski menunya masih nasi goreng dan nasi goreng lagi. Wah padahal masih banyak "street food" yang semalam terlewatkan di seputaran jalan Meldrum yang rekomended lho .. untuk dicoba. Saya coba ulas siapa tahu, anda bisa mencicipi dan menjadikan target wisata kuliner, beberapa diantaranya :

 

Peta kuliner seputar Meldrum Walk

 

1. Annie's BBQ Chicken

   Jika menyusuri Jalan Meldrum selepas pk 17.00, tepatnya di belakang hotel Meldrum (No. 1 di peta), tentunya akan menemui kedai penjual ayam bakar BBQ ini, dikatakan sudah 20 tahun lebih kedai ini berjualan ayam bakar dan cukup terkenal juga. Untuk rasa bisa dicicipi sendiri, jangan lupa share komentarnya setelah mencicipi .

 

Rekomendasi  Ayam Bakar (credit to "blog Johor Kaki")

 

2. Dendeng Panggang Ala Bee Cheng Hiang

   Masih di seputar jalan meldrum, juga terdapat toko yang menjual dendeng panggang, dendeng yang cukup populer di Singapore ternyata ada juga di sini (No. 2 di peta), dengan harga yang jauh lebih murah cocok buat oleh-oleh nich karena rasanya benar-benar mantap.

 

Gerai jual dendeng panggangnya baru buka di pagi hari

 

3. Restoran Ya Wang

   Resto ini terkenal dengan aneka masakan bebek termasuk bebek panggangnya, terletak di Jl. Segget no. 28, Johor Bahru (No. 3 di peta), masih tidak terlalu jauh dari JB Sentral untuk dikunjungi asal tidak melewati jam buka pukul 08.00 - 18.00 waktu setempat.

 

Maskot Bebek Panggang sebagai pengenal

 

  Bagi yang suka sekali mengunjungi bangunan cagar budayanya (landmark) Johor Bahru, selain gedung bekas stasiun kereta api dekat JB Sentral, bisa meluangkan waktu untuk mampir disalah satu landmark terkenal lainnya dan masih dalam jangkauan jalan kaki, yaitu "Sultan Ibrahim Building" (Lihat rute L1). Gedung ini dulunya merupakan gedung Sekretariat Negara bagian Johor yang sekarang dipindah ke Kota Iskandar, yang terletak di Jalan Bukit Timbalan, dibangun di antara Tahun 1936 dan 1939.  Arsitekturnya merupakan penggabungan antara kolonial Inggris dan Melayu. Gedung ini dibuka untuk umum dari Pk 8.00- 17.00 (Senin - Jumat) dan masuknya gratis.

 

Bangunan Sultan Ibrahim

 

Rute dari JB Sentral ke Gedung Sultan Ibrahim (L1)

dan Gereja Katholik Roma (L2)

 

   Selain itu juga bisa mengunjungi tempat-tempat religi seperti gedung Gereja Katholik Tak Bercela (Roman Catholic Church of the Immaculate), yang letaknya di jalan gereja, seputaran jalan Wong Ah Fook juga, dengan berjalan kaki sekitar 10 menit (Lihat rute L2). Gedung gereja berwarna krem, merupakan salah satu gereja Katholik Roma utama dan bangunan tertua di Johor Bahru yang dibangun dalam gaya kolonial Inggris tahun 1883.

 

Gereja Katholik Roma tertua di Johor Bahru

 

   Setelah sarapan, dan check out hotel karena ini hari terakhir di Johor sebelum pindah ke menuju Singapore, semua tas kami titipkan dulu di resepsionis hotel, agenda jalan jalan akan melanjutkan menuju Johor Premium Outlets (JPO), surganya para pecinta belanja barang berkualitas. Untuk menuju ke JPO, transportasi yang digunakan masih sama dengan menggunakan bis Causeway Link namun dengan tanda JPO1, dan untuk naik bis ini menunggunya masih di halte yang sama dengan bis ke Legoland. Jadi saya kembali menuju ke JB Sentral seperti kemaren. Setalah membayar RM 4.5 (Dewasa) dan RM 2.3 (Anak-anak), kami naik dan sesuka hati duduknya berhubung yang menumpang cuman kami saja plus seorang penumpang lain, Lagi-lagi bisnya cukup baru dan nyaman, akhirnya jam 10.55 bis sudah berangkat.lama perjalanan sekitar 1 jam.

 

Saking kosongnya Bis JPO1 ini - Anak Saya Bisa Tiduran di dalam Bis

 

   Perjalanan menggunakan bis melewati Jalan Skudai di pesisir teluk danga dan sempat melewati tempat wisata Danga Bay yang semalam tidak kesampaian untuk dikunjungi. Sekilas tentang Danga Bay, merupakan obyek wisata di tepi teluk Danga, berada sekitar 7 km dari JB Sentral. Saat ini sedangkan dikembangkan untuk menjadi jujukan wisata resort di Johor Bahru. Ke depannya akan banyak hotel dan apartemen menghadap teluk yang sedang dibagun. Danga Bay buka dari Pk. 15.00 hingga tengah malam. Disini terdapat restoran internasional dan Mall terbuka - Danga Festive Street Mall. Jika berkunjung sebaiknya menjelang petang, tempat ini bermandikan cahaya lampu, bisa melihat kapal pesiar (Cruise) yang juga bermandikan cahaya, terdapat pula taman bermain (Theme Park) berisi sekitar 20 wahana permainan untuk anak-anak yang mirip pasar malam. Selain itu ada pertunjukan binatang (Danga World Petting Zoo), dengan bayar tiket RM 10 (Dewasa) dan RM 5 (Anak-anak).

 

Seputaran Danga Bay

 

   2 Kapal Pesiar disediakan yaitu Speedboat Cruise dan Danga Cruise 8. Speedboat akan membawa ke dermaga di sebelah gedung Marina Club, Singapura-Johor causeway pulang pergi dengan biaya RM 10 (dewasa) dan RM 5 (anak-anak) untuk durasi pelayaran selama 25 menit dan tersedia setiap jam. Sedangkan Danga Cruise 8, kapal pesiar yang lebih besar melakukan pelayaran yang sama tetapi termasuk makan malam prasmanan di atas kapal triple-dek, dengan biaya RM 50 / orang dan hanya tersedia pada hari Jumat, Sabtu dan Minggu. Pelayaran dimulai pukul 16.00.

 

Danga Bay Cruise

 

   Setelah melewati perkebunan kelapa sawit, akhirnya tiba juga. Johor Premium Outlets terletak daerah Kulaijaya, di dalamnya terdapat 80 gerai desainer ternama, selalu memberikan diskon 25% - 65% setiap harinya. Dibuka untuk pertama kali tanggal 11 Desember 2011. Namun ada fakta menarik yang disampaikan para "Shopalholic" dari Singapore (seperti yang terlansir di wikipedia) bahwa diskon yang diberikan masih kurang banyak jika dibanding dengan outlet serupa di Amerika atau Eropa, nah lho.

 

Penampakan Johor Premium Outlet

 

   Mall yang terdiri 2 lantai ini dibangun dengan konsep semi tertutup, sehingga kondisi udaranya lumayan panas dan kering, pengunjungnya pun hanya sedikit, jadi jangan lupa bawa minum air putih yang banyak. Memang toko-toko yang ada menjual barang-barang premium semua.  Dalam tempo tidak sampai 1 jam, kami sudah mengelilingi semua toko di semua lantai.

 

Suasana Lantai Dasar

 

 

Eskalator Menuju Lantai 2

 

   Suasana dilantai 2 pun tidak jauh berbeda dengan lantai 1, ada fasilitas playground untuk bermain bagi anak-anak kecil. Ketika makan siang tiba, kami mencoba makan di restoran Taang Shifu yang ada di lantai 2, yang menjual masakan herbal, dan masakan yang disajikan cocok banget untuk membuat stamina menjadi fit kembali. Puas mengelilingi semua toko yang ternyata diskonnya memang kurang banyak ini, saya bergegas kembali ke halte bis karena bis yang akan mengantar kembali ke JB Sentral selalu tepat waktu dan interval penjemputannya 2,5 jam, jadi harus benar-benar diperhatikan kalo tidak mau ketinggalan bis.

 

Sup Herbal - Menu Makan Siang

 

   Sekitar jam 14.55 bis sudah berangkat kembali menuju JB Sentral, mengikuti jalan yang sama seperti ketika berangkat. Begitu tiba di JB Sentral, byur...byur.... hujan deras mengguyur, beruntung jalan pedestrian menuju kembali ke hotel tidak melalui ruang terbuka dan bisa lewat masuk mall city square, jadi tidak menjadi masalah meski hujan deras mengguyur. Setelah mengambil koper, kami kembali menuju JB Sentral, melalui mall City Square, di dalam mall ini saya mampir untuk makan di gerai KFC untuk coba tastenya, ternyata ada beda dikit dengan KFC Indonesia. Selesai makan, berlanjut menyeberang jembatan pedestrian menuju JB CIQ lagi (arah berbalikan dengan ketika datang), di imigrasi Malaysia antrinya lumayan karena menjelang malam rupanya arus yang ke Singapore banyak juga, tok paspor beres, lalu turun ke lantai 3.

   Lantai 3 ini merupakan haltenya bis-bis untuk menyeberang menuju Woodland Checkpoint, pilih antri di bis Causeway Link lagi (CW1 atau CW2) karena jelas ongkosnya lebih murah (cuman RM 1), dibandingkan harus naik SBS Transit yang menggunakan Dollar Singapore meskipun sama-sama SGD 1. Setelah bayar karcisnya jangan lupa untuk disimpan.

 

Tiket bis dari CIQ ke Stasiun Kranji

 

   Bis membawa kita menyeberang menuju Woodland Checkpoint, begitu turun langsung ikuti arus orang untuk naik ke lantai 2 tempat Imigrasi Singapore dan isi kartu embarkasi lagi, berhubung sudah saya isi sebelumnya, jadi tinggal antri aja. Ketika tiba giliran paspor akan distempel, petugasnya menanyakan berapa hari akan "stay" di Singapore dan menanyakan tiket pesawat kepulangan dari Singapore. Sempat kaget juga, karena berkali-kali lewat imigrasi, baru kali ini petugasnya agak rewel dengan meminta tunjukin tiket pesawat segala. Sempat butuh waktu mencari-cari dalam tas yang saya bawa yang terlanjur digembok. Ya, akhirnya ketemu juga dan saya perlihatkan "booking reference" nya tiger yang sudah saya print out sebelumnya dan beres, paspor langsung dicap. Urusan Imigrasi tuntas, langsung ikut arus lagi  turun ke lantai 1, dan mengantri di lajur bertanda "CW1", nah disinilah karcis bis (yang saya suruh simpan) diminta untuk ditunjukkan oleh kondekturnya. Bis Causeway Link CW1 ini akan mengantar menuju Stasiun MRT Kranji, karena dari sini saya akan melanjutkan perjalanan menggunakan MRT menuju Stasiun MRT Liitle India, daerah dimana hotel saya menginap.

 

Pilih lajur antrian CW1 - Kranji

 

Bis Berhenti persis di depan Stasiun MRT Kranji ini

 

   Untuk menuju platform MRT, dari depan Stasiun Kranji ini jalan lurus dan belok kiri dan kiri lagi (putar balik) dan naik eskalator ke atas. Tunggu MRT yang arah ke Marina Bay, karena akan turun di Stasiun Dhoby Ghaut untuk berganti MRT menuju Stasiun Little India.

 

Rute MRT Dari Kranji (NS7) ke Little India (NE7)

 

   Perjalanan MRT kurang lebih 50 menit untuk mencapai Stasiun MRT Little India. Biaya yang dikeluarkan untuk naik MRT SGD 1.99 dengan menggunakan kartu EZ-LINK. Begitu keluar dari Stasiun, saya bergegas jalan kaki sekitar 10 menit menuju hotel tempat menginap. Cek in hotel berjalan mulus dan akhirnya ekplorasi hari ini terselesaikan, sebelum bobok kami mampir dulu di gerai makanan seputar hotel untuk "Dinner".



63 Jejak Komen
  • Novi

    Sat 19 Apr 2014, 4:04am
    Haiiii mau nanya dong, mei besok kami mau ke johor....dr kl siang naik bus mgkn malemnya mau ke danga bay...naik apa ya?kami nginep di citrus johor baru...lalu besoknya kami ingin ke jpo dan legoland sore lnjut ke sing.bisa gak ya satu hari tu dibagi dua tempat jpo dan legoland?tks....

    Merespon

    • Yvzur

      Mon 21 Apr 2014, 13:47pm
      Haiii Novi, jalan kaki ke depan mall city square (Jl Wong Ah Fook), cari bis kuning Causewaylink no.1B, 5B, 51B, 7B atau 777,yang mangkal disitu spt dlm foto sy, alternatif lain ke JB Sentral lalu naik bisnya Legoland (LM1), tanyain dulu sopir bisnya apa bisa turun di depan Danga Bay

      ke jpo dan legoland dalam sehari, bisa saja

      semoga membantu

      Merespon

  • rini

    Fri 18 Apr 2014, 13:39pm
    Mas saya mau tanya kalau dari JB to Singapore via Shuttle yang ada di Tune Hotel apakah bisa lbh nyaman dibandingkan naik bus CW2 to Singapore ?

    Merespon

    • Yvzur

      Mon 21 Apr 2014, 13:21pm
      @Rini
      Kalo yg dimaksud bis Odyssey Shuttle Service mmg lebih nyaman tapi rutenya ke/dari Resorts World Sentosa, dan sayangnya sy pernah baca ada yg berbagi pengalaman, sdh book PP dr hotel Tune-RWS ketika hendak kembali dari RWS, bisnya ditunggu2 sesuai pickup time,tp gak muncul2 hingga larut malam. :(

      Merespon

  • Fenny Fong

    Tue 1 Apr 2014, 3:55am
    Hi! Thanks bgt buat infonya! Kmrn saya br plg dr Johor dan krn sdh baca blog ini jadi udh tau hrs kemana pas nyampe sana ^^ ohya sekedar menambahkan, jika ingin kembali ke dr Johor langsung ke Changi, bisa naik TS1 lagi seperti arah perginya di tempat Coach di JB sentral platform B lane 16.

    Sayangnya promo free shuttle TS1 dr tiger air tersebut hanya berlaku hingga tanggal 31 maret kemarin. Pas2an dengan tanggal kembalinya saya dr johor ke sg. Hehe. Sekali lagi thanks ya, wisatakeren.com ! :D (Y)

    Merespon

    • Yvzur

      Thu 3 Apr 2014, 4:42am
      Hi Fenny

      tengkyu juga sudah memberikan jejak testimoni dan info tambahan yg tentunya berguna bagi travelover lainnya

      Salam jalan-jalan selalu :D

      Merespon

  • elly

    Tue 25 Feb 2014, 16:39pm
    mohon info nya, rencana mau ke sing lewat jb, tp gak nginap.kalo dr jb ke sin turun di kranji trus dari kranji ke vivo city pk mrt ,nah naik mrt nya wajib pake kartu ez link atau ada cara lain?

    Merespon

    • Yvzur

      Thu 27 Feb 2014, 8:06am
      @Elly

      Tidak harus pake EzLink, bisa pake kartu sekali jalan (single journey) yg dibeli dimesin2 yg ada di terminal MRT tsb

      Merespon

  • ira novita

    Mon 17 Feb 2014, 4:17am
    Salam kenal sebelumnya,
    mau nanya ni mas, mesan tiket legoland sepaket dgn tune hotel itu dimana mas? Via website tune hotel atau agoda?

    Makasi byk

    Merespon

    • Yvzur

      Wed 19 Feb 2014, 3:57am
      Hi Ira, pesan langsung dari website Tune

      Merespon

  • pingky

    Tue 21 Jan 2014, 21:30pm
    Oh yah, sedikit menambahkan lagi:
    #bawa aqua gelas atau susu kotak yg kecil di ransel kl naik pesawat, biasanya lolos scan, bilang aja itu kosmetik atau sabun sampo

    #kl naik suttlenya tune hotel ke LEGOLAND, pulangnya minta turun di JB Central aja, bisa jalan2 di JB Mall dan lain2nya, cukup menarik dibandingkan kl lngsng plng ke hotel..jadi keluar dari imigrasi, itu ada gate dikiri jalan, ikuti jalan aja nanti akan sampai di JB Mall

    #di dekat tune hotel, tempat makan yg buka pagi hanya tempat makan diatas 7eleven, harga makanan paket nya 12RM, atau nasgor 7RM..kalo mau hemat bisa beli pop mie di 7eleven

    #Ngk perlu beli AC waktu booking di tune hotel, krn di kamar ada kipas angin

    #terdapat safe deposit box di kamar, jadi barang2 berharga jangan dibawa2 jalan2

    #Bawa jaket atau sweter, krn angin cukup besar

    #tidak ada suttle dari tune hotel ke JPO, kl mau ada suttle dari LEGOLAND ke JPO, tapi jam pulangnya cuma beda 40 menit, jadi saran saya kl mau ke JPO lbh baik dari tune hotel naik taxi ke JB central 12RM lalu naik suttle ke JPO 8RM (agak ribet, tapi lebih hemat)

    #jika ada 1 hari yg kosong, lbh baik ke SG, lewat suttle dari travel agent di sebelah 7eleven, 30RM untuk PP, turun di universal studio..nanti pergi ke vivo city naik MRT (gratis ke vivo city, tapi pulangnnya bayar 3 SGD kl ngk salah), dari vivo city bisa kemana2 dengan memakai MRT, saran saya bagi yg pny apple device, download lah aplikasi SG Railways, sangat sangat membantu untuk menentukan jalur MRT yg kita pilih). oh yah, supaya tidak menunggu lama di antrian, lebih baik pagi2 sudah standby di depan tune hotel dekat pos satpam untuk supaya lebih cepat naik ke bus

    Merespon

    • uli

      Wed 26 Feb 2014, 7:49am
      Mas, mau tanya dong. itu shuttle ke universal studio, dr 7eleven dekat tune hotel ? atau dr 7eleven yg dimana?
      oiya perjalanan johor-sing brp lama y kl via shuttle? kl perjalanan ke CIQ point dulu brp lama ya? thanks

      Merespon

      • Yvzur

        Thu 27 Feb 2014, 8:25am
        @Uli

        Bantu jawab, lama perjalanan johor-sing 1 = 1.5 jam, kalo ke CIQnya saja ±15-20 menit

        Merespon

  • Pingky

    Tue 21 Jan 2014, 19:28pm
    Sedikit mau share pengalaman perjalanan 3D2N kami di JB, krn blog ini telah memberikan info2 yg berguna bagi kami

    Kamis: kami flight dg AA sore, krg lbh 2 jam 15 mnt sampai di JB..karena sudah malam sampai disana maka sudah tidak ada suttle AA ke tune hotel, jd kami naik taxi, untungnya konter taxi nya masih buka, tarif dari airport ke tune hotel 44RM (saran: kl isa cari temen sejak di airport indo yg mau share taxi, jd biayanya bisa dishare jg)

    Jumat: kami seharian bermain di lego land, skrg sudah ngk sepanas dulu, krn sudah cukup bnyk pohon2, (saran: belilah tiket lego land jadi satu dg tune hotel krn free suttle kesananya, bawa air dan makanan yg cukup di ransel, bawa payung kecil, sunblock, survei dulu jam2 atraksi disana, pakai sepatu kets lebih nyaman)
    Malamnya km ke JB Mall naik taxi (saran: cari taxi yg warna merah, jng sekali2 naik yg warna biru) dg tarif 14RM, dan pulangnya 12RM
    Saya lebih suka belanja di JB dibandingkan di SG, krn barang yg sama harganya lebih murah, dan kl ngk lewat airport pulangnya, kita ngk isa claim GST, jd kl elektronik hargnya mahal di SG

    Sabtu: kami naik suttle AA dg tarif 8RM ke airport (saran: tunggulah bus nya di depan 7eleven sejak jam 9, krn datangnya lebih cepat dari schedule 9:45 dan dia parkingnya cuma 5 menit aja dan lnsng brngkt..lbh enak brngkt pagi krn lnsng ke airport, kl yg kedua itu mampir2 dulu, di airport ada toko buku dan tempat makan yg bisa dibuat menghabiskan waktu menunggu)

    Sedikit saran lagi, kalo punya kartu kredit CIMB Niaga, lbh baik pakai itu kl mau shopping barang yg nilainya cukup mahal, krn kursnya lebih murah dibandingkan kl kita beli RM di indo, kmrn aku beli tunai itu kurs 3750, dan kurs kartu kredit cimb niaga cuma 3712, yaa beda2 tipis tapi lmyn kl belinya barang mahal..oh yah juga kl mau beli elektronik buka aja dus nya, krn petugas bandara kita resek bngt

    Merespon

    • Yvzur

      Sat 25 Jan 2014, 18:03pm
      @Pingky
      tengkiu so much sudah bagi-bagi pengalamannya, bener2 mantap bro

      Merespon

  • fifi

    Sat 18 Jan 2014, 2:30am
    hi mas salam kenal... senang banget baca blog ini, walaupun sedikit terlambat hikhiks.. jan kmrn baru ke sing... mas bs info nginep dmn di little india, mengingat hotel di sing mahal2 utk kami yg membawa anak2.. rencana agst mau ke bangkok tp transit dulu di sing ke legoland... mohon infonya...

    salam,
    fifi

    Merespon

    • Yvzur

      Mon 20 Jan 2014, 18:53pm
      Halo Fifi

      Sebenarnya hotel di SGP mahal karena rate IDR thd SGP memang sedang melemah banyak

      Little India : 1. Parc Sovereign, 2. Big Hotel

      semoga membantu

      Merespon

  • Zainal

    Thu 16 Jan 2014, 0:50am
    Assalamu'alaikum.
    Sy berencana melakukan perjalanan ke JB di pertengahan Maret nanti. Mohon informasi Call Number / Nomor Telepon tempat penyewaan sepeda motor(motor cycle)

    Merespon

    • Yvzur

      Thu 16 Jan 2014, 21:19pm
      Wah maaf bro, kalo traveling gak pernah sepeda motor-an, jadi gak punya infonya.

      Salam Travelicious

      Merespon

  • pingky

    Tue 14 Jan 2014, 8:33am
    Saya dan istri akan ke JB hari kamis ini selama 3 hari. Di hari ke dua kami akan ke Lego Land. Kami mengambil tiket Lego Land paket dari tune hotel beserta tiket bus PP. tapi masalahnya untuk kembali ke hotelnya itu jam 6 malam busnya. kami rencananya mau ke JPO, bisa diinfokan kl dari Lego Land ke JPO dan sebaliknya itu bagaimana transportnya? dan kl bisa tolong info schedulenya juga
    Terima kasih

    Merespon


Ninggalin Jejak





 (opsi : Isikan link web-mu jika ada)



     Ikuti jejak komentar via email (Subscribe)

Kode Sekuriti