Wisata Keren

15
Apr

Melintas Perbatasan Singapore Johor Bahru #Day 1

Mon 15 Apr 2013, 18:32pm

200

   Pagi itu di Bandara Juanda, tepatnya di konter check-in bagasi Tiger Airways no 24 sudah terlihat "tanda-tanda kehidupan" antrian para penumpang. Begitu urusan bagasi selesai, seperti biasa naik eskalator ke lantai 2 untuk cap passport dibagian imigrasi, lalu menuju ruang tunggu di GATE 9, sambil nunggu panggilan boarding kebetulan ketemu dan berbincang dengan kawan lama, eh..lha kok pesawatnya datang tapi merapat ke anjungan GATE 11.

 

Counter Check-In Tiger Paling Pojok

 

   Setelah diberitahu petugas untuk pindah ke GATE 11, ya akhirnya si Macan pun terbang juga pada waktunya, suasana kabin memang bersih dan kelihatan baru, lepas landas juga sempurna, apalagi ketika mendarat di Bandara Internasional Changi - Singapore, hampir tidak merasakan sentuhan roda pesawat dengan landasan pesawat, bener-bener mulus, overall dapat jempol dech, pertahankan ya "Tiger Airways", dan semoga bukan yang pertama dan terakhir naik si Macan, asal sering-sering aja beri promo murah .

 

Kabin Bersih dan Nyaman

 

Toilet Juga Bersih

 

   Kejutan berikutnya pun muncul, ketika sedang enak-enak akan melanjutkan tidur malam yang dirasa masih kurang, eh..tiba-tiba terlihat si pramugari menghampiri setiap penumpang dan memberikan masing-masing sebungkus kacang gratis, ya lumayan meski "Low Cost Carrier" masih sempat jua memberi camilan buat penumpangnya tapi minumnya beli sendiri hehehe...

 

Camilan Gratis

 

Bandara Internasional Changi

   Tepat Pk 11.30 Pagi waktu Singapore, kaki sudah menjejak di Terminal 2 Level 2 (Lantai 2), Bandara Internasional Changi, kirain terminalnya Low Cost mirip dengan yang di LCCT Kuala Lumpur, oh..yes ternyata...beda banget, kita tidak perlu jauh berjalan kaki dan suasana lebih mirip dengan Terminal 1-nya Bandara Changi yang juga wow...Mau pake WIFI juga lancar dan cepat, gratis lagi bisa update status BB tuh.

   Suatu hal yang menjadi kebiasaan kalo sudah tiba di suatu bandara yang baru pertama kali dikunjungi, kebanyakan orang selalu kebingungan untuk menemukan akses ke moda transportasi menuju kota, jadi dalam hati selalu timbul pertanyaan kalo mau naik bus arahnya kemana, ya? kalo naik MRT harus kemana? kalo mau naik taksi mesti keluar pintu mana? Bagi mereka yang suka bingung jangan sungkan untuk mengakses seluk beluk Bandara Changi di  changiairport.com.

 

Keindahan Bandara Internasional Changi

 

   Sebenarnya bandara-bandara megah macam gini nich juga merupakan tempat wisata lho, karena tiap negara pasti punya keunikan sendiri dengan bandaranya. Jadi jangan buru-buru untuk keluar dan melanjutkan perjalanan. Puaskan jeprat-jepret sambil menikmati kenyamanan "Wisata Bandara". Setelah itu jalan kaki turun eskalator ke Level 1 dan mengisi form embarkasi sebelum maju ke meja petugas imigrasi (sekalian ambil form embarkasi berlebih, buat diisi ketika balik dari Johor) , setelah "lulus sensor" baru mengambil koper di konveyor bagasi, masih di lantai sama (Arrival Hall), keluar dari sini ada 2 arah yang bisa dituju, ke kanan atau ke kiri, kalo mau naik MRT bisa ambil ke kanan untuk turun ke basement lewat eskalator di pojok.

 

A. Naik Bis Shuttle Transtar Menuju Perbatasan Singapore - Johor Bahru

   Karena saya sudah memegang print out  "Free Coupon" dari Tiger Airways untuk diantar ke Johor Bahru dengan bis GRATIS. Jadi saya mengambil arah ke kiri dan jalan terus lurus hingga keluar hall, mengikuti papan petunjuk bergambar bis dan tulisan "COACH". Jika tidak memiliki kupon ini, boleh naik bis juga lho tapi harus bayar senilai SGD$ 7/orang.

 

Papan Petunjuk Menuju Halte Bis

 

   Diluar hall, jalan kaki ke kanan dan menemukan deretan pilar dengan nomor "bay", cari no 9 ketemu bisnya tapi agak bingung sedikit kok bisnya gak ada tanda "transtar" nya dan penampakan bisnya beda. Setelah nanya ke supirnya ternyata sudah betul. Saya serahkan kupon ke supirnya yang sudah siap-siap mau berangkat, hurraaaaay - sopirnya menerima kupon dan menyuruh masuk tanpa dipungut bayar apa-apa lagi alias Gratis...tis...tis....hehehe. Sudah gitu penumpangnya cuman saya sekeluarga aja dan 1 keluarga lagi dari Malaysia. Naik bis publik yang serasa bis private, ya seperti ini, mau duduk pindah kesana kemari bisa leluasa sesuka hati. Benar-benar nyaman.

 

 

Bis Shuttle Yang Mengantar ke Johor Bahru

 

   Rute bis akan mampir di Terminal 3 - Changi, berhenti untuk mengambil penumpang, berhubung gak ada penumpang, langsung ama supirnya dilanjut menuju Terminal 1 - Changi, lagi-lagi tidak ada penumpang, tanpa pikir lama sopirya langsung melanjutkan berangkat menuju Woodland Checkpoint yang merupakan pos perbatasan dari Singapore menyeberang ke Johor Bahru.

 

Tabel Rute Bis Transtar

 

B. Naik MRT Menuju Perbatasan Singapore - Johor Bahru

   Sebagai alternatif, jika ingin menjajal moda transportasi MRT menuju Johor Bahru via Woodland Checkpoint, bisa naik MRT dari Bandara Changi dan turun di Stasiun Kranji dengan biaya SGD $1.96 (menggunakan kartu EZ-LINK), rutenya : Stasiun Changi(CG2) >> Tanah Merah(EW4) >> Paya Lebar (EW8/CC9) >> Bishan (CC15/NS17) >> Kranji (NS7). Suatu hal yang perlu diperhatikan ketika sampai di Tanah Merah (EW4) jangan lupa untuk turun dan ganti MRT, karena saya melihat masih ada aja orang indo yg entah lupa atau tidak tahu, ketika sampai di Tanah Merah, tidak turun untuk ganti MRT, jadinya bablas ke Pasir Ris (EW1) alias kesasar.

 

Rute MRT dari Changi (CG2) ke Kranji (NS7)

 

   Setibanya di Stasiun Kranji, turun ke lantai Ground, tap kartu EZLINK dan belok kanan untuk keluar (exit C). Perlu diperhatikan juga ketika naik MRT menuju Kranji diakhir pekan, biasanya akan menjumpai antrian yang mengular menunggu bis di depan Exit C ini, bisa jadi penumpang berjubelan didalam bisnya karena memang banyak warga Singapore yang memanfaatkan libur akhir pekan ke Johor Bahru, selain makanannya, barang-barangnya juga murah menurut ukuran mereka karena kurs terpaut setengahnya.

   Diluar koridor exit C, ambil jalan ke kiri untuk naik jembatan penyeberangan, turun di seberang jalan raya "Woodland Rd" ini, langsung aja menuju halte bisnya dan tunggu bus CW1 yang dioperasikan oleh Causeway Link (bayar cash SGD$ 1.30) atau operator lain, yaitu SBS Transit No.170 atau 160 (bisa cash atau  pake kartu EZLINK sekitar SGD$ 1) untuk mencapai Woodland Checkpoint.

 

Papan Petunjuk Exit C dari Stasiun Kranji Untuk Naik Bis

 

Woodland Checkpoint

   Setelah sampai di Woodland Checkpoint, yang merupakan gedung imigrasi Singapore ini, bis pun berhenti, semua penumpang diwajibkan turun dari bis termasuk semua barang bawaan, jangan sampai "konyol" meninggalkan koper di bis ya, karena bis yang mengangkut kita selepas keluar dari gedung ini bisa berbeda lho.

 

Bis Berhenti di Depan Gedung Woodland Checkpoint

 

Lewat Sini Menuju Lantai 2

 

   Turun dari bis, langsung bergegas naik ke lantai 2, kalau bawa koper bisa jalan terus ke samping kiri eskalator untuk naik lift, tiba di lantai 2, ikuti orang-orang yang jalan menuju antrian di deretan meja petugas imigrasi, agar paspor dicap tanda keluar dari Negara Singapore. Setelah "lolos sensor" lagi dari imigrasi, saya harus turun ke lantai 1 kembali. Antri lagi menunggu bis, dengan memilih di antrian operator bis yang sama dengan yang ditumpangi tadi, jadi kalau sebelumnya naik bis yang dioperasikan oleh "Causeway Link" antrilah di barisan halte bis tersebut, jangan antri di barisan "rumput tetangga" (dalam hal ini bis milik operator "SBS Transit" atau "Transtar" atau lainnya), karena akan dikenakan biaya lagi.

 

Antri Bis Lagi Untuk Melintas Jalan Penghubung Singapore dan Johor Bahru

 

   Saya sendiri, begitu turun di lantai 1, celingak celinguk dulu, a ha... Bis Transtar yang saya tumpangi tadi masih setia menunggui di "bay" samping kiri pintu keluar dan begitu naik ke bis, langsung berangkat....ya sopirnya sudah hafal, memang bener-bener serasa bis spesial (tapi gak pake "telor") karena penumpangnya masih cuman saya sekeluarga saja, wk wk wk wk.....Bis meluncur dengan santai melalu jalurnya sendiri di jalan tol yang melintas di atas selat kecil antara Singapore dan Johor Bahru, tampak mobil-mobil dari Singapore di jalur terpisah di sebelah kiri berjalan merambat karena padat. Memang pemandangan yang biasa kalo akhir pekan banyak warga Singapore yang berduyun-duyun naik mobil juga untuk menghabiskan libur akhir pekan mereka menuju Johor Bahru.

 

 

Jalan Penghubung Singapore - Johor

 

Sultan Iskandar Checkpoint

   Kalau di Singapore ada Woodland Checkpoint, nah di sisi Johor Bahru ada Sultan Iskandar Checkpoint. Ketika bis sudah tiba di Johor Bahru, akan berhenti di Bangunan Sultan Iskandar "Kastam, Imigresen & Kuarantin".

 

 Pemandangan depan Sultan Iskandar Checkpoint

 

   Sebenarnya ada 3 blok bangunan penting disini, yang merupakan kawasan modern, bersih dan terpadu, dengan desain arsitek penuh lengkung-lengkung besi dan berdinding kaca berwarna hijau, benar-benar superblok, karena semuanya tumpek blek disini, yaitu :

1. Blok Bangunan Sultan Iskandar Customs, Immigration and Quarantine (Blok A).

2. Blok JB Sentral (Blok B), terkoneksi dengan Blok A via Jembatan Pedestrian (T1).

3. Blok Mall JB City Square (Blok C), terkoneksi dengan Blok B via Jembatan Pedestrian (T2)

   Bangunan "Sultan Iskandar Customs, Immigration and Quarantine", biasa disingkat dengan sebutan JBCIQ, merupakan bangunan yang lebih dulu berdiri dan dibuka untuk publik dibulan Desember 2008, digunakan untuk melayani proses imigrasi dari Singapore ke Johor Bahru dan sebaliknya. Semua angkutan darat dari Woodland Checkpoint akan berhenti disini untuk proses imigrasi, begitu juga dengan bis yang saya tumpangi.

 

Komplek JB Sentral

 

   Semua penumpang bis turun disini dengan membawa lengkap semua barang bawaan, lalu berjalan naik eskalator ke lantai 5, ramai sekali orang-orang berduyun-duyun, ikuti aja arus orang-orang dan ikut antrian di depan meja petugas imigrasi Malaysia (Note: Tidak perlu lagi mengisi kartu embarkasi). Jumlah petugas yang men-cap paspor kedatangan cukup sepadan, sehingga antrinya tidak terlalu lama. Inilah kunjungan 2 negara yang tercepat hehehe, hanya dalam rentang sekitar 100 menit, sudah keluar masuk 2 negara.

 


Di dalam Atrium JBCIQ merupakan koridor menuju JB Sentral

 

Menuju Hotel

   Jadi rute jalan kaki saya :

- Selepas dari imigrasi tadi berjalan lurus hingga menemukan kios "Tourist Information Centre" lalu belok kiri (putar balik) masih ikuti arus orang-orang hingga sampai di Atrium JBCIQ ini.

- Masuk ke koridor yang bertuliskan "Selamat Datang ke JB Sentral" (T1), jalan lurus hingga akhir koridor ini (jika terasa lelah berjalan bisa memanfaatkan fasilitas travelator seperti tampak di foto).

- Di akhir dari koridor, saya menggunakan lift yang terletak di sebelah kanan untuk turun ke lantai bawah karena menggeret koper, tapi bisa juga turun menggunakan eskalator.

- Lalu menyeberang jalan untuk masuk komplek JB Sentral, begitu masuk langsung terlihat Stan Starbuck

 

Koridor Menuju JB Sentral (T1) - Ada Travelatornya

 

   JB Sentral merupakan blok bangunan baru kedua yang dibuka untuk publik (Oktober 2010), merupakan stasiun kereta api antar kota di Malaysia menggantikan stasiun lama yang terletak 200 meter di Selatannya. Ada 7 kereta api yang melewati stasiun ini setiap harinya, termasuk jika ingin menuju Kuala Lumpur bisa beli tiket di dalam gedung ini, untuk harga tiketnya bisa cek disini. Kelak, JB Sentral direncanakan sebagai penghubung utama untuk transportasi Malaysia selain KL Sentral di Kuala Lumpur, dimana digunakan sebagai stasiun utama dari JB Monorail, Komuter Selatan, LRT (Light Rail Transit) dan MRT dari Singapore akan tersambung ke stasiun ini.

   Didalamnya juga banyak stan toko-toko seperti money changer, KFC, Starbuck, Donat J. Co, 7 Eleven, Adidas dan masih banyak lagi. Sedang di lantai bawah bangunan ini juga menjadi terminal dari bis-bis ke segala arah kota Johor Bahru termasuk bis ke Legoland yang nantinya saya naiki. 

 

Stan Starbuck dekat koridor masuk dari T1

 

   Untuk mencapai hotel yang sudah dipesan, saya harus keluar dari komplek JB Sentral ini.

Rute jalan kaki berikutnya :

- Jalan lurus membelakangi Stan Star Buck ini dan belok kanan dilanjut turun menggunakan eskalator.

- Untuk keluar menuju jalan Tun Abdul Razak tinggal turun lagi di eskalator sebelah kiri, atau jika ingin ke Mall JB City Square tinggal lurus aja melalui koridor penyebarangan (T2).

- Tiba di jalan Tun Abdul Razak, ambil jalan arah kiri hingga ketemu pertigaan, menyeberang jalan. dan hotelnya terletak persis di sebelah selatan JB City Square.

 

Penampakan Jalan Tun Abdul Razak

 

Rute Menuju Hotel

 

   Sebenarnya lewat Mall JB City Square juga bisa, tapi karena baru pertama kali datang sehingga masih belum menguasai "medan pertempuran", jadinya pilih lewat luar dulu supaya tidak kesasar. Hotelnya terletak persis di samping Mall City Square, check in di meja resepsionis berlangsung mulus dan tidak lama, keycard kamar sudah di tangan. Masuk kamar untuk rehat bentar. Sekitar pukul 18.00 waktu setempat, kita ada rencana ingin ke pantai "Danga Bay" tapi terpaksa dibatalin berhubung ada janji ketemuan ama teman untuk mengambil voucher "KIDS GO FREE" di Mall City Square, sekalian "Window Shopping" aja di mall. Untuk menuju Mall City Square yang cukup dekat hanya jalan kaki menyeberang.

 

Penampakan JB City Square dari jalan Wong Ah Fook

 

Suasana Mall JB City Square

 

   Mall Johor Bahru City Square atau disingkat JB City Square ini merupakan pusat perbelanjaan 5 lantai dan gedung perkantoran yang lebih lama berdiri (tahun 1995), dengan 200 lebih toko didalamnya. Mall nya sudah modern juga, banyak tenan waralaba disini seperti KFC, Donat J.Co, Old Town White Cofee, dll. Selesai ketemuan dengan teman, saya jalan-jalan sekeliling mall sebentar dan kembali ke hotel untuk bobok, karena besok agendanya menjelajah "Legoland Theme Park" seharian.

 

booking bis malaysia singapore



200 Jejak Komen
  • linds

    Tue 29 Jul 2014, 18:56pm
    Mo numpang tny ni kl dr singapore balik ke johor bahru jam brp palg telat y? Soalny kita da renc mo lihat show light yg free di area merlion bro yg jam mulainy jam 8. Kira" keburu balik johor g y bro? Rhanks sebelumnya

    Merespon

  • yentaphang

    Tue 22 Jul 2014, 10:18am
    hai mas yvzur.., bole tanya sedikit info gak? saya rencana bulan nov ke kl-johor-malaysia , dr klia rencana mau lgsg ke johor nae bus yoyo , tapi itu berhentinya bagusan di tun aminah atau di yong peng y? dan kalau bole tau, setelah turun di salah satu terminal, mau ke meldrum nya gimana y? jauh gak? krn kita book medrum hotel, thanks infonya,,

    Merespon

    • Yvzur

      Wed 23 Jul 2014, 17:12pm
      Turun di terminal bis Tun Aminah atau biasa disebut TUTA (Taman Ungku Tun Aminah), dr terminal ini bisa lanjut naik salah satu bis dalam kota berikut untuk turun di Jl. Wong Ah Fook + jalan kaki 5 menitan ke Jl. Meldrum:
      1. bis Causewaylink (kuning) No. 1B
      2. bis Citybus (oranye) No. 15
      3. bis Maju (biru muda) No. 226
      alternatif lain ya naik taksi :) skitar 8-10RM (tawar aja) ke Jl. Meldrum

      lama perjalanan dr terminal TUTA ke JB sentral skitar 30 menitan

      Merespon

  • Mumu

    Mon 21 Jul 2014, 8:49am
    Mau tanya doong.. Berapa lama sih perjalanan dari changi ke JB? Rencananya saya mau ksana bawa anak2.. Terimakasih

    Merespon

    • Yvzur

      Mon 21 Jul 2014, 9:19am
      kurang lebih 1.5 - jam

      Merespon

  • Yohanes

    Tue 24 Jun 2014, 11:50am
    Pak Yvzur,
    Mohon infonya pada saat naik bus Transtar (SG-JB) maupun Causeway Link (JB-SG) apakah ada kompartemen khusus untuk bagasi? Jika tidak ada, kalau saya bawa koper 24 inch apakah kira-kira akan ada cukup tempat di dalam bus? Terima kasih.

    Merespon

    • Yvzur

      Sun 06 Jul 2014, 5:20am
      Hi Pak Yohanes
      seingat saya di bus Transtar (SG-JB) ada kompartemen bagasi, sedang di Causeway Link (JB-SG) keknya gak ada
      kalo koper 24" masih oke, namun agak repot dikit pas naik bis yg causeway link JB-SG

      Merespon

      • Yohanes

        Wed 30 Jul 2014, 6:56am
        Pak Yvzur,

        thanks reply-nya :) Akhirnya kemarin koper saya bawa-bawa aja naik ke dalam bus dan letakkan di antara kursi. Kuncinya memang cari bus yang belum penuh, sehingga masih bisa pilih-pilih kursi yang leg space nya cukup lega untuk memuat koper juga.

        Agak repot memang klo bawa koper 24inch pas naik-turun bus, baik Transtar maupun Causeway Link karena pintu bus yang biasanya pas-pasan dan kadang musti agak menaiki tangga dulu untuk ke kabin penumpang.

        Sekali lagi thanks responnya.

        Merespon

  • bernadetha

    Tue 24 Jun 2014, 4:11am
    kalo saya nginapnya di herehotel, sekudai, gimana ya ke sananya ?terima kasih untuk info yang saaangat lengkap. saya jadi tidak takut ke sana.

    Merespon

    • Yvzur

      Tue 1 Jul 2014, 11:21am
      @bernadheta u/ ke skudai coba gunakan bis yang mangkal di depan mall citysquare, tanyakan dulu ke sopirnya

      Merespon

  • Jamie

    Tue 10 Jun 2014, 3:24am
    Lengkap sekali petunjuknya. Mantaaappp...... Two thumbs up.....

    Jadi inget dulu melipir Singapore - JB ngecer pake MRT dan bus...... :D

    Merespon

    • Yvzur

      Fri 13 Jun 2014, 12:52pm
      @Jamie
      tengkyu untuk jempolnya :D, xixixi

      Merespon

  • sofi

    Mon 2 Jun 2014, 10:33am
    hai mas.
    terima kasih infonya. sy sudah kembali dr sana.suami kaget liat sy fasih area2 sana.hehe.pdhl br belajar dr blog ini.untuk hotel, kami terlanjur pesan di amansari express.memang agak jauh.tp bersih dan bkn di ling nightlife.sewaktu kami kembali dr legoland; driver bus jg baik.kami diijinkan turun di area jalan hotel kami nginap.jd tdk perlu menyebrang dari JB Sentral.

    terima kasih byk u/ mas yvzur dan lainnya berbagi info, jd ketagihan backpacker.
    gbu all

    Merespon

    • Yvzur

      Wed 4 Jun 2014, 5:10am
      Hello sofi
      thankyou buat FR singkatnya, kalo udah sekali njalanin dijamin ketagihan nge-traveling berikut2nya hehehe

      GBU too

      Merespon

  • eka indah

    Mon 2 Jun 2014, 6:18am
    Salam kenal, Mas kalau dari jb sentral ke hotel hallmark regency (jl harimau taman abad) naik apa ya,....? makasih

    Merespon

    • Yvzur

      Wed 4 Jun 2014, 4:13am
      Salam kenal bro eka
      Kayaknya akses ke Hotel Hallmark Regency selain pake taxi, bisa naik bis causewaylink S1 turun di KSL Mall + jalan kaki :D

      Happy traveling

      Merespon

  • michelle

    Sun 1 Jun 2014, 16:02pm
    Hotel atau apartment yg murah dan strategis dimana ya?
    Tq ya

    Merespon

    • Yvzur

      Wed 4 Jun 2014, 4:05am
      Hi michelle

      silahkan cek hotel review, kalo kurang sreg bisa langsung ke situsnya krn banyak pilihannya :D

      Merespon

  • Sofi

    Sun 25 May 2014, 17:21pm
    salam kenal Mas Yvzur,
    Terima kasih infonya, sangat membantu saya yang baru pertama kali plus backpacker.
    Mas, saya juga naik AA dr jakarta ke senai airport. Bagaimana cara registrasi bis gratis tersebut untuk ke JB Sentral?
    Mohon infonya yah mas.
    Terima kasih. GBU

    Merespon

    • Niko

      Tue 27 May 2014, 12:11pm
      hallo mba Sofi

      Untuk bis gratis AA,coba dh baca kebawah dikit ^_^ (budaya orang indo malas membaca dulu...XD)

      kebetulan saya krmn dah kesana & mau emnggunakan Bus gratis CWLink dr AA,tp sayank itu bus mayan lama ngetem(entah emang nunggu jam berangkat'y atau nunggu padat dulu).
      sudah gitu supirnya entah kmn. pdhl kondisi bus lg nyala....@_@

      akhinya dr pd nunggu bus gratis yg gak jelas & disana tiba dah sore,akhirnya diputuskan naik taksi ke citrus dengan biaya 44RM.
      lebih simple,nyaman,cepat & aman pastinya....^_^

      untuk tiket taksi bisa beli di counter sebelah kanan bagian Informasi.

      Merespon

    • Yvzur

      Sat 31 May 2014, 2:14am
      @Sofi
      Jangan nervous meski baru pertama x backpackeran :D, banyak baca-baca info
      untuk registrasi bis gratis sudah pernah di share seperti yang dikatakan bro niko, beliau juga baru pertama x jalan-jalan dw tuh

      @bro Niko
      terima kasih sudah bantu jawab dan share banyak info dan pengalamannya disini

      Merespon


Ninggalin Jejak





 (opsi : Isikan link web-mu jika ada)



     Ikuti jejak komentar via email (Subscribe)

Kode Sekuriti