Wisata Keren

15
Apr

Melintas Perbatasan Singapore Johor Bahru #Day 1

Mon 15 Apr 2013, 18:32pm

296

   Pagi itu di Bandara Juanda, tepatnya di konter check-in bagasi Tiger Airways no 24 sudah terlihat "tanda-tanda kehidupan" antrian para penumpang. Begitu urusan bagasi selesai, seperti biasa naik eskalator ke lantai 2 untuk cap passport dibagian imigrasi, lalu menuju ruang tunggu di GATE 9, sambil nunggu panggilan boarding kebetulan ketemu dan berbincang dengan kawan lama, eh..lha kok pesawatnya datang tapi merapat ke anjungan GATE 11.

 

Counter Check-In Tiger Paling Pojok

 

   Setelah diberitahu petugas untuk pindah ke GATE 11, ya akhirnya si Macan pun terbang juga pada waktunya, suasana kabin memang bersih dan kelihatan baru, lepas landas juga sempurna, apalagi ketika mendarat di Bandara Internasional Changi - Singapore, hampir tidak merasakan sentuhan roda pesawat dengan landasan pesawat, bener-bener mulus, overall dapat jempol dech, pertahankan ya "Tiger Airways", dan semoga bukan yang pertama dan terakhir naik si Macan, asal sering-sering aja beri promo murah .

 

Kabin Bersih dan Nyaman

 

Toilet Juga Bersih

 

   Kejutan berikutnya pun muncul, ketika sedang enak-enak akan melanjutkan tidur malam yang dirasa masih kurang, eh..tiba-tiba terlihat si pramugari menghampiri setiap penumpang dan memberikan masing-masing sebungkus kacang gratis, ya lumayan meski "Low Cost Carrier" masih sempat jua memberi camilan buat penumpangnya tapi minumnya beli sendiri hehehe...

 

Camilan Gratis

 

Bandara Internasional Changi

   Tepat Pk 11.30 Pagi waktu Singapore, kaki sudah menjejak di Terminal 2 Level 2 (Lantai 2), Bandara Internasional Changi, kirain terminalnya Low Cost mirip dengan yang di LCCT Kuala Lumpur, oh..yes ternyata...beda banget, kita tidak perlu jauh berjalan kaki dan suasana lebih mirip dengan Terminal 1-nya Bandara Changi yang juga wow...Mau pake WIFI juga lancar dan cepat, gratis lagi bisa update status BB tuh.

   Suatu hal yang menjadi kebiasaan kalo sudah tiba di suatu bandara yang baru pertama kali dikunjungi, kebanyakan orang selalu kebingungan untuk menemukan akses ke moda transportasi menuju kota, jadi dalam hati selalu timbul pertanyaan kalo mau naik bus arahnya kemana, ya? kalo naik MRT harus kemana? kalo mau naik taksi mesti keluar pintu mana? Bagi mereka yang suka bingung jangan sungkan untuk mengakses seluk beluk Bandara Changi di  changiairport.com.

 

Keindahan Bandara Internasional Changi

 

   Sebenarnya bandara-bandara megah macam gini nich juga merupakan tempat wisata lho, karena tiap negara pasti punya keunikan sendiri dengan bandaranya. Jadi jangan buru-buru untuk keluar dan melanjutkan perjalanan. Puaskan jeprat-jepret sambil menikmati kenyamanan "Wisata Bandara". Setelah itu jalan kaki turun eskalator ke Level 1 dan mengisi form embarkasi sebelum maju ke meja petugas imigrasi (sekalian ambil form embarkasi berlebih, buat diisi ketika balik dari Johor) , setelah "lulus sensor" baru mengambil koper di konveyor bagasi, masih di lantai sama (Arrival Hall), keluar dari sini ada 2 arah yang bisa dituju, ke kanan atau ke kiri, kalo mau naik MRT bisa ambil ke kanan untuk turun ke basement lewat eskalator di pojok.

 

A. Naik Bis Shuttle Transtar Menuju Perbatasan Singapore - Johor Bahru

   Di Singapore, saya naik bus dari Singapore ke Johor Bahru karena sudah memegang print out  "Free Coupon" dari Tiger Airways, busnya GRATIS. Jadi saya mengambil arah ke kiri dan jalan terus lurus hingga keluar hall, mengikuti papan petunjuk bergambar bis dan tulisan "COACH". Jika tidak memiliki kupon ini, boleh naik bis juga lho tapi harus bayar senilai SGD$ 7/orang.

 

Papan Petunjuk Menuju Halte Bis

 

   Diluar hall, jalan kaki ke kanan dan menemukan deretan pilar dengan nomor "bay", cari no 9 ketemu bisnya tapi agak bingung sedikit kok bisnya gak ada tanda "transtar" nya dan penampakan bisnya beda. Setelah nanya ke supirnya ternyata sudah betul. Saya serahkan kupon ke supirnya yang sudah siap-siap mau berangkat, hurraaaaay - sopirnya menerima kupon dan menyuruh masuk tanpa dipungut bayar apa-apa lagi alias Gratis...tis...tis....hehehe. Sudah gitu penumpangnya cuman saya sekeluarga aja dan 1 keluarga lagi dari Malaysia. Naik bis publik yang serasa bis private, ya seperti ini, mau duduk pindah kesana kemari bisa leluasa sesuka hati. Benar-benar nyaman.

 

 

Bis Shuttle Yang Mengantar ke Johor Bahru

 

   Rute bis akan mampir di Terminal 3 - Changi, berhenti untuk mengambil penumpang, berhubung gak ada penumpang, langsung ama supirnya dilanjut menuju Terminal 1 - Changi, lagi-lagi tidak ada penumpang, tanpa pikir lama sopirya langsung melanjutkan berangkat menuju Woodland Checkpoint yang merupakan pos perbatasan dari Singapore menyeberang ke Johor Bahru.

 

Tabel Rute Bis Transtar

 

B. Naik MRT Menuju Perbatasan Singapore - Johor Bahru

   Sebagai alternatif, jika ingin menjajal moda transportasi MRT menuju Johor Bahru via Woodland Checkpoint, bisa naik MRT dari Bandara Changi dan turun di Stasiun Kranji dengan biaya SGD $1.96 (menggunakan kartu EZ-LINK), rutenya : Stasiun Changi(CG2) >> Tanah Merah(EW4) >> Paya Lebar (EW8/CC9) >> Bishan (CC15/NS17) >> Kranji (NS7). Suatu hal yang perlu diperhatikan ketika sampai di Tanah Merah (EW4) jangan lupa untuk turun dan ganti MRT, karena saya melihat masih ada aja orang indo yg entah lupa atau tidak tahu, ketika sampai di Tanah Merah, tidak turun untuk ganti MRT, jadinya bablas ke Pasir Ris (EW1) alias kesasar.

 

Rute MRT dari Changi (CG2) ke Kranji (NS7)

 

   Setibanya di Stasiun Kranji, turun ke lantai Ground, tap kartu EZLINK dan belok kanan untuk keluar (exit C). Perlu diperhatikan juga ketika naik MRT menuju Kranji diakhir pekan, biasanya akan menjumpai antrian yang mengular menunggu bis di depan Exit C ini, bisa jadi penumpang berjubelan didalam bisnya karena memang banyak warga Singapore yang memanfaatkan libur akhir pekan ke Johor Bahru, selain makanannya, barang-barangnya juga murah menurut ukuran mereka karena kurs terpaut setengahnya.

   Diluar koridor exit C, ambil jalan ke kiri untuk naik jembatan penyeberangan, turun di seberang jalan raya "Woodland Rd" ini, langsung aja menuju halte bisnya dan tunggu bus CW1 yang dioperasikan oleh Causeway Link (bayar cash SGD$ 1.30) atau operator lain, yaitu SBS Transit No.170 atau 160 (bisa cash atau  pake kartu EZLINK sekitar SGD$ 1) untuk mencapai Woodland Checkpoint.

 

Papan Petunjuk Exit C dari Stasiun Kranji Untuk Naik Bis

 

Woodland Checkpoint

   Setelah sampai di Woodland Checkpoint, yang merupakan gedung imigrasi Singapore ini, bis pun berhenti, semua penumpang diwajibkan turun dari bis termasuk semua barang bawaan, jangan sampai "konyol" meninggalkan koper di bis ya, karena bis yang mengangkut kita selepas keluar dari gedung ini bisa berbeda lho.

 

Bis Berhenti di Depan Gedung Woodland Checkpoint

 

Lewat Sini Menuju Lantai 2

 

   Turun dari bis, langsung bergegas naik ke lantai 2, kalau bawa koper bisa jalan terus ke samping kiri eskalator untuk naik lift, tiba di lantai 2, ikuti orang-orang yang jalan menuju antrian di deretan meja petugas imigrasi, agar paspor dicap tanda keluar dari Negara Singapore. Setelah "lolos sensor" lagi dari imigrasi, saya harus turun ke lantai 1 kembali. Antri lagi menunggu bis, dengan memilih di antrian operator bis yang sama dengan yang ditumpangi tadi, jadi kalau sebelumnya naik bis yang dioperasikan oleh "Causeway Link" antrilah di barisan halte bis tersebut, jangan antri di barisan "rumput tetangga" (dalam hal ini bis milik operator "SBS Transit" atau "Transtar" atau lainnya), karena akan dikenakan biaya lagi.

 

Antri Bis Lagi Untuk Melintas Jalan Penghubung Singapore dan Johor Bahru

 

   Saya sendiri, begitu turun di lantai 1, celingak celinguk dulu, a ha... Bis Transtar yang saya tumpangi tadi masih setia menunggui di "bay" samping kiri pintu keluar dan begitu naik ke bis, langsung berangkat....ya sopirnya sudah hafal, memang bener-bener serasa bis spesial (tapi gak pake "telor") karena penumpangnya masih cuman saya sekeluarga saja, wk wk wk wk.....Bis meluncur dengan santai melalu jalurnya sendiri di jalan tol yang melintas di atas selat kecil antara Singapore dan Johor Bahru, tampak mobil-mobil dari Singapore di jalur terpisah di sebelah kiri berjalan merambat karena padat. Memang pemandangan yang biasa kalo akhir pekan banyak warga Singapore yang berduyun-duyun naik mobil juga untuk menghabiskan libur akhir pekan mereka menuju Johor Bahru.

 

 

Jalan Penghubung Singapore - Johor

 

Sultan Iskandar Checkpoint

   Kalau di Singapore ada Woodland Checkpoint, nah di sisi Johor Bahru ada Sultan Iskandar Checkpoint. Ketika bis sudah tiba di Johor Bahru, akan berhenti di Bangunan Sultan Iskandar "Kastam, Imigresen & Kuarantin".

 

 Pemandangan depan Sultan Iskandar Checkpoint

 

   Sebenarnya ada 3 blok bangunan penting disini, yang merupakan kawasan modern, bersih dan terpadu, dengan desain arsitek penuh lengkung-lengkung besi dan berdinding kaca berwarna hijau, benar-benar superblok, karena semuanya tumpek blek disini, yaitu :

1. Blok Bangunan Sultan Iskandar Customs, Immigration and Quarantine (Blok A).

2. Blok JB Sentral (Blok B), terkoneksi dengan Blok A via Jembatan Pedestrian (T1).

3. Blok Mall JB City Square (Blok C), terkoneksi dengan Blok B via Jembatan Pedestrian (T2)

   Bangunan "Sultan Iskandar Customs, Immigration and Quarantine", biasa disingkat dengan sebutan JBCIQ, merupakan bangunan yang lebih dulu berdiri dan dibuka untuk publik dibulan Desember 2008, digunakan untuk melayani proses imigrasi dari Singapore ke Johor Bahru dan sebaliknya. Semua angkutan darat dari Woodland Checkpoint akan berhenti disini untuk proses imigrasi, begitu juga dengan bis yang saya tumpangi.

 

Komplek JB Sentral

 

   Semua penumpang bis turun disini dengan membawa lengkap semua barang bawaan, lalu berjalan naik eskalator ke lantai 5, ramai sekali orang-orang berduyun-duyun, ikuti aja arus orang-orang dan ikut antrian di depan meja petugas imigrasi Malaysia (Note: Tidak perlu lagi mengisi kartu embarkasi). Jumlah petugas yang men-cap paspor kedatangan cukup sepadan, sehingga antrinya tidak terlalu lama. Inilah kunjungan 2 negara yang tercepat hehehe, hanya dalam rentang sekitar 100 menit, sudah keluar masuk 2 negara.

 


Di dalam Atrium JBCIQ merupakan koridor menuju JB Sentral

 

Menuju Hotel

   Jadi rute jalan kaki saya :

- Selepas dari imigrasi tadi berjalan lurus hingga menemukan kios "Tourist Information Centre" lalu belok kiri (putar balik) masih ikuti arus orang-orang hingga sampai di Atrium JBCIQ ini.

- Masuk ke koridor yang bertuliskan "Selamat Datang ke JB Sentral" (T1), jalan lurus hingga akhir koridor ini (jika terasa lelah berjalan bisa memanfaatkan fasilitas travelator seperti tampak di foto).

- Di akhir dari koridor, saya menggunakan lift yang terletak di sebelah kanan untuk turun ke lantai bawah karena menggeret koper, tapi bisa juga turun menggunakan eskalator.

- Lalu menyeberang jalan untuk masuk komplek JB Sentral, begitu masuk langsung terlihat Stan Starbuck

 

Koridor Menuju JB Sentral (T1) - Ada Travelatornya

 

   JB Sentral merupakan blok bangunan baru kedua yang dibuka untuk publik (Oktober 2010), merupakan stasiun kereta api antar kota di Malaysia menggantikan stasiun lama yang terletak 200 meter di Selatannya. Ada 7 kereta api yang melewati stasiun ini setiap harinya, termasuk jika ingin menuju Kuala Lumpur bisa beli tiket di dalam gedung ini, untuk harga tiketnya bisa cek disini. Kelak, JB Sentral direncanakan sebagai penghubung utama untuk transportasi Malaysia selain KL Sentral di Kuala Lumpur, dimana digunakan sebagai stasiun utama dari JB Monorail, Komuter Selatan, LRT (Light Rail Transit) dan MRT dari Singapore akan tersambung ke stasiun ini.

   Didalamnya juga banyak stan toko-toko seperti money changer, KFC, Starbuck, Donat J. Co, 7 Eleven, Adidas dan masih banyak lagi. Sedang di lantai bawah bangunan ini juga menjadi terminal dari bis-bis ke segala arah kota Johor Bahru termasuk bis ke Legoland yang nantinya saya naiki. 

 

Stan Starbuck dekat koridor masuk dari T1

 

   Untuk mencapai hotel yang sudah dipesan, saya harus keluar dari komplek JB Sentral ini.

Rute jalan kaki berikutnya :

- Jalan lurus membelakangi Stan Star Buck ini dan belok kanan dilanjut turun menggunakan eskalator.

- Untuk keluar menuju jalan Tun Abdul Razak tinggal turun lagi di eskalator sebelah kiri, atau jika ingin ke Mall JB City Square tinggal lurus aja melalui koridor penyebarangan (T2).

- Tiba di jalan Tun Abdul Razak, ambil jalan arah kiri hingga ketemu pertigaan, menyeberang jalan. dan hotelnya terletak persis di sebelah selatan JB City Square.

 

Penampakan Jalan Tun Abdul Razak

 

Rute Menuju Hotel

 

   Sebenarnya lewat Mall JB City Square juga bisa, tapi karena baru pertama kali datang sehingga masih belum menguasai "medan pertempuran", jadinya pilih lewat luar dulu supaya tidak kesasar. Hotelnya terletak persis di samping Mall City Square, check in di meja resepsionis berlangsung mulus dan tidak lama, keycard kamar sudah di tangan. Masuk kamar untuk rehat bentar. Sekitar pukul 18.00 waktu setempat, kita ada rencana ingin ke pantai "Danga Bay" tapi terpaksa dibatalin berhubung ada janji ketemuan ama teman untuk mengambil voucher "KIDS GO FREE" di Mall City Square, sekalian "Window Shopping" aja di mall. Untuk menuju Mall City Square yang cukup dekat hanya jalan kaki menyeberang.

 

Penampakan JB City Square dari jalan Wong Ah Fook

 

Suasana Mall JB City Square

 

   Mall Johor Bahru City Square atau disingkat JB City Square ini merupakan pusat perbelanjaan 5 lantai dan gedung perkantoran yang lebih lama berdiri (tahun 1995), dengan 200 lebih toko didalamnya. Mall nya sudah modern juga, banyak tenan waralaba disini seperti KFC, Donat J.Co, Old Town White Cofee, dll. Selesai ketemuan dengan teman, saya jalan-jalan sekeliling mall sebentar dan kembali ke hotel untuk bobok, karena besok agendanya menjelajah "Legoland Theme Park" seharian.

 

booking bis malaysia singapore



296 Jejak Komen
  • anggraini

    Tue 5 May 2015, 20:58pm
    halo, saya ingin bertanya jika ingin langsung pergi ke johor begitu tiba di changi, kita akan diminta untuk mengisi kartu kedatangan di changi, bagaimana saya harus mengisi untuk tempat tinggal dan lama tinggal,. terima kasih

    Merespon

    • Yvzur

      Wed 6 May 2015, 18:02pm
      hi anggraini
      coba scroll kebawah untuk menemukan jawabannya, sudah sering ditanyakan

      Merespon

  • merry

    Mon 27 Apr 2015, 23:44pm
    Aku mau tanya. Voucher free to go kids nya. Gunting kupon dari mana ya. Bingung abis.. hehehe.. gimana nih. Saran pleasr

    Merespon

    • Yvzur

      Thu 30 Apr 2015, 15:07pm
      @Merry
      Saat ini promo Voucher Kids Go free berlaku jika nginep di hotel Legoland, biasanya gunting kupon dari produk makanan spt susu Dutch Lady

      Merespon

  • Sumi

    Sun 19 Apr 2015, 0:03am
    Muantapppp isinya! Mau nanya, apa benar kalo pake taxi dari Jhb ke Spore n sebaliknya, kita /barang ga usah turun? Kira2 harganya berapaan ya? Thanks ya!

    Merespon

    • Yvzur

      Fri 24 Apr 2015, 0:14am
      @Sumi
      Benar, tinggal buka kaca sodorin paspor untuk di cap.
      Kalo hargan saya gak tahu, belum pernah coba hehehe...

      Merespon

  • merry

    Tue 14 Apr 2015, 0:47am
    emangnya kalian nginep di hotel apa sih? aku mau jb gara gara liat blog kalian yang super keren. heuhuehue.. btw aku naek pesawat dr jkrt ke sing. rencana naek bus dr kranji ke jb. itu turunnya dimana ya? terus dari situ ke lego land jauh gak ya?

    Merespon

    • Yvzur

      Wed 15 Apr 2015, 9:30am
      @merry

      ketularan juga xixixi, km nginep di hotel citrus JB.
      bis akan berhenti di Imigrasi Singapore dan JB CIQ, dr JB CIQ ke legoland sekitar 27km (45 menit perjalanan)

      happy traveling

      Merespon

  • novi

    Mon 6 Apr 2015, 10:53am
    Kid go free nya berlaku sampe kapan ya?
    Tq infonya...

    Merespon

    • Yvzur

      Sat 11 Apr 2015, 10:10am
      @novi
      Kid go free nya masih berlaku dengan produk yang berbeda.

      Update promo
      Diskon 35% dengan menunjukan Kartu Kredit atau Debit BII, valid hingga 31 Juni 2015

      Merespon

  • deris

    Wed 18 Mar 2015, 1:20am
    Kereeen, informasinya jelas bgt. Bookmark ah buat guide besok

    Merespon

    • Yvzur

      Wed 18 Mar 2015, 13:19pm
      @deris

      Silahkan aja bro, btw tq sudah mampir dimari

      Merespon

  • wawan

    Tue 17 Mar 2015, 17:48pm
    Mau nanya nih, imigrasi di perbatasan johor baru dan singapura buka sampai jam berapa ya? terus bus dari singapura paling malam sampe jam berapa ya?
    terima kasih..

    Merespon

    • Yvzur

      Wed 18 Mar 2015, 13:17pm
      @wawan
      coba scroll kebawah, pertanyaannya sdh sering diajukan travelmania lainnya :)

      Merespon

  • ASMIN

    Mon 23 Feb 2015, 19:59pm
    informasi yg sangat jelas dan sangat bermanfaat. trims for sharing

    Merespon

    • Yvzur

      Wed 25 Feb 2015, 9:27am
      @Asmin

      terima kasih sudah mampir

      Merespon

  • ricca

    Fri 20 Feb 2015, 16:26pm
    Mau tanya bagaimana cara mendapatkan tiket bus dari tiger air dr sin ke johor yg gratis itu.tiket gratis tsb utk return atau oneway dari sin ke johor saja.tqu utk infonya

    Merespon

    • Yvzur

      Mon 23 Feb 2015, 9:25am
      Hi Ricca
      tiket bus tiger air bisa donlod dari link yg saya beri, 1 tiket berlaku oneway

      Merespon

  • Yunus

    Mon 26 Jan 2015, 7:38am
    Hai, infonya keren dan sangat membantu. Transportasi apakah yang paling pas kalau kita dari salah satu stasiun MRT Singapore ke JB Sentral? Stasiun MRT apakah yang paling dekat dengan JB Sentral? Terima kasih

    Merespon

    • Yvzur

      Fri 30 Jan 2015, 9:38am
      Hi Yunus
      kalo start dari bandara, pake bis lebih pas karena lgs turun di gedung Imigrasi Woodland, sedang kalo start dari salah satu stasiun MRT, ya lebih pas naik MRT aja turun di St. Kranji dan nyambung naik bis

      Merespon


Ninggalin Jejak





 (opsi : Isikan link web-mu jika ada)



     Ikuti jejak komentar via email (Subscribe)

Kode Sekuriti